Minggu, 10 Mei 2020

Memudahkan urusan orang lain

Bismillah
Setiap orang pasti punya kesulitan dalam hidupnya.
Bukan berarti apabila kita membantu orang lain menghilangkan kesulitannya, kita sendiri bebas dari kesulitan.


Allah akan mudahkan urusan kita nanti di akhirat, kalau kita bisa membantu saudara kita meringankan kesulitannya.
Banyak orang yang berhutang kepada kita, kita mudahkan saja pembayarannya, tagih seperti biasa karena itu hak kita, tapi kalau dia ternyata menunda-nunda, mungkin memang dia tidak sedang punya uang, atau kalau memang ternyata dia tidak berniat membayar, biar Allah yang akan memberi balasannya. Kita memberikan pinjaman, bukan karena kita sendiri tidak butuh uang, tapi karena ingin membantu. Tapi memang lebih baik jika tidak berhutang sama sekali ya. Saya juga tidak bisa memastikan keadaan ekonomi di masa depan, apakah akan terus tercukupi atau bisa jadi kekurangan, tetapi mungkin bisa diatasi dan dicegah dari berhutang, seperti menahan gaya hidup, banyak menabung, dan mengembangkan asset. Jangan sampai kita meninggalkan hutang yang tidak terbayarkan di dunia, naudzubillah.


Termasuk juga dalam berusaha, lazim kita mendapatkan barang dengan pembayaran tempo, ataupun meminjam barang kepada supplier untuk bantu dijualkan, tetapi perlu selalu kita ingat bahwa barang dagangan itu amanah, kalau laku yang dibayarkan uangnya, kalau belum laku ya dikembalikan saja barangnya dengan kondisi yang masih bagus seperti di awal. Kalau ada kerugian silakan dibicarakan dengan kekeluargaan, jangan sampai ada yang dirugikan. Karena setiap rupiah yang kita dapatkan akan diminta pertanggungjawaban.



#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...