Selasa, 06 Januari 2015

TIPS LOLOS LOMBA BUSINESS PLAN

Bismillah, mudah2an saya bisa ngshare sesuatu yang bermanfaat nih ya, bukan hanya sekedar menaikkan statistik blog aja, tapi apa yang ditulis disini itu based on experience, baik itu dari pengalaman pribadi ataupun orang lain..

Nah, sekarang saya mau bagi2 tips gimana biar bisa lolos lomba bisnisplan, walau,, sebenernya pengalaman saya juga masih cetek sih, baru beberapa kali aja lolosnya, belum sampe ratusan bahkan ribuan kali, hehe



1. Ide bisnis kamu harus based on problem, alias masalah,, biasanya ide bisnis itu diliat dari keunikan juga ya, tapi yang lebih penting dilihat itu adalah apa masalah yang akan diselesaikan melalui bisnis yang akan dijalani,, ? itu pointnya, jadi sebenernya untuk nyari ide bisnis mah, cari dulu msalahanya, abis itu baru deh dibikin proposalnya,, Insya Allah dapet, karena dari hasil sharing sama peserta2 lain di lomba bisnis, saya dapet spoiler kalo juri lomba2 kayak gitu tuh, liatnya problem solvingnya yang utama, nilai tambah dan keunikan.. Insya Allah lolos..

2. Format bisnis plan kamu sebisa mungkin lengkap menceritakan ide bisnis dengan menarik dan informatif. jangan lupa cantumkan logo penyelenggara di bagian cover, terus sertakan gambar yang mendukung ide, misal gambar produknya, dll  ini contoh business plan saya yg lolos BNI Creativepreneur, silakan di donlod --> Business Plan Hai Fashion

3. Saat presentasi, nah, kalau bisnis kamu makanan, lebih baik, kamu bawa sampel produk makanannya yang bisa dicobain sama juri, atau kalo ga sempet bikin, kasih gambar2 makanan kamu di slide, gambar makanan yang menggugah selera, hehe, begitu juga kalo produk kamu non makanan, misal produk kreatif itu kalo bisa bawa sampelnya juga yang bisa diliat oleh setiap juri.. jadi jangan bawa 1, bawa sebanyak jumlah jurinya minimal, hehe

4. Pasca presentasi. kamu ga usah lagi mikirn aduh tadi gw salah ngomong, aduh tadi gw lupa nyampein ini ini ini, dll dsb, lupain aja, meskipun kepikiran, tapi yaudah lupain,, saat itu udah waktunya kamu pasrah sama hasilnya nanti, tinggal berdoa aja, dan saran saya, sambil menunggu pengumuman, kamu bikin deh action plannya! karena lomba bisnis plan itu ga mentok sampe proposal aja, tapi sebisa mungkin diusahakan untuk dijalani, so, bikin action plannya matang2, sebagai pemantasan diri kamu juga kalo kamu emang layak dan siap untuk didanai atau lolos bisnis plannya,, :D

gitu aja mungkin, ga banyak2, tapi mudah2an bermanfaat,, hehe,, lain waktu saya share juga tentang cara mengalokasikan dana dari proposal usaha, dll dsb. Walau bukan berarti pengalaman saya selama ini udah berhasil 100% bukan, justru ada gagalnya dan yang saya share ini supaya kamu ga mengalami gagal seperti saya, haha,,

oke deh, see u at next post,, kalo kamu merasa info ini bermanfaat, silakan share ke medsos atau media kamu yang lain yaaaaaaaa,,, :)

10 komentar:

  1. Hai ka, tulisannya keren ka, makasih lho untuk tips dan triksnya, btw kok linknya kok not found ya ka? bisa kirimkan ke email saya gak ka untuk contoh proposalnya. :D makasih ka... Email : abdimuhammadirachmatika@gmail.com

    BalasHapus
  2. Iya kak. Saya juga mau dong contoh proposalnya. soalnya link yang kakak kasih not found. Makasih banyak. fridakusumastuti@gmail.com

    BalasHapus
  3. hai kak mohon maaf perbaiki url download nya soalnya ga bisa kebuka thks :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kak, link nya not found. Boleh minta sebagai referensi, hehe, ini gmail aku kak, yunitaveranda@gmail.com
    Makasih banyak

    BalasHapus
  6. Kak linknya not found boleh minta gak kak hehe ini email aku kak viap99@gmail.com

    BalasHapus
  7. Kak link download nya ga bisa boleh minta kak? kirim email ini aja ndian939@gmail.com makasih kak

    BalasHapus
  8. Mohon maaf kak, saya ingin meminta file business plannya untuk dijadikan referensi, jika berkenan tolong kirim ke email aninanindyap@gmail.com
    Terimakasih Banyak.

    BalasHapus
  9. terimakasih infonya bermanfaat kak, tapi linknya not found boleh tolong dikirimkan ke email saya sintiami12@gmail.com. Terimakasih banyak

    BalasHapus
  10. assalamualaikum kak izin kak minta filenya kak ke email saya kak cyuni383@gmail.com mksh kak

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...