Kamis, 07 Mei 2020

3 Tips membuat anak suka sikat gigi

Bismillah
Beberapa mamah muda sering saya dengar susah mengajak anak sikat gigi.

Saya mencoba cara sendiri mengajari anak saya dalam menyikat gigi. Anak saya baru usia 22 bulan.

1. Ajak sikat gigi bareng
Jadi kita gak hanya menyuruh dia tapi juga mencontohkan.

2. Biarkan dia sikat giginya sendiri.
Meski dia belum bisa kumur-kumur atau bahkan sikat giginya dia emut, arahkan saja, jangan dimarahi, biarkan dia senang dengan aktivitas sikat giginya sendiri

3. Jangan terlalu ideal.
Namanya juga anak kecil, dia belum tau caranya sikat gigi yang benar. Seperti kumur dahulu, daripada airnya dia telan, tidak apa kalau dia sikat gigi tanpa kumur, akhirnya bisa kita bersihkan dengan tangan.
Ketika nanti dia sudah besar dan cukup mengerti maka kita kasih tau cara yang benarnya seperti apa.

Menurut saya semua butuh proses termasuk mendidik anak. Jangan menyamakan dengan orang dewasa, biarkan dia senang sikat gigi dulu, baru kita ajari cara yg benarnya seiring waktu.

Saat ini Alhamdulillah ketika saya ajak sikat gigi sebelum tidur dia semangat, tentu dia sikat gigi sendiri, saya juga sikat gigi sendiri sambil memberikan contoh kepada dia bagian mana aja yang harus disikat.

Ketika mandi pun terkadang dia gak mau diajak mandi, tapi ketika saya bilang " sikat gigi yuk" dia langsung mau.

Alhamdulillah.

Saya masih mamah muda, ini hanya sharing aja pengalaman, kalau ternyata ada salahnya ya jangan diambil, tolong diperbaiki. Terimakasih ☺️

Semoga tulisan ini bisa membantu para mamaj muda lainnya ya.


#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...