Senin, 07 Juli 2014

Pengalaman Bisnis : Hampir Kena Tipu Belasan Juta

Bismillah,,
ehm,, kali ini saya mau sedikit berbagi ttg pengalaman saat berbisnis,,
orang bilang, untuk jadi pengusaha sukses, kita harus kena tipu dulu,, haduuuh,, tapi kalo kita bisa belajar dari pengalaman, mudah2an bisa meminimalisir peluang kita ditipu,,
tapi kali ini kasusnya hampir ditipu, jadi uangnya sempet hilang, tapi alhamdulillah kembali lagi, ini dia ceritanya...




Waktu itu, tahun 2013,, saat itu saya diamanahi untuk menjadi bendahara alias pemegang uang sebuah program mahasiswa untuk pengembangan desa, uang yang saya pegang saat itu sekitar 14 juta,, nah saat itu juga saya sedang usaha kecil2an, waktu itu jualan bros rajutan buatan temen, bukan buatan saya,, saya promosiin jualan saya di toko bagus, di FB, dll,,

Suatu malam, ada telpon masuk yg mengagetkan saya sekaligus membuat saya seneng sebenernya, entah mungkin tau no saya dari postingan di tokobagus atau di fb, telp dari ibu2 yg ngakunya dari Riau, mau pesen bros saya sebanyak 200 biji kalo ga salah, untuk souvenir nikahan, kalo diitung2 saya bisa dapet untung 500 ribuan kalo gak salah, harga brosnya 3500, saya jual 6000 hehe,,

nah, singkat cerita, ibu2 itu bilang kalau besok langsung dikirim uangnya,, ya saya tunggu lah telpon dari dia untuk ngabarin kalo uangnya udah di tranfer ke rekening saya, oh iya, waktu itu, saya menyarankan untuk kirim uangnya ke rekening atas mamah saya aja, yg kebetulan ATMnya lg saya pegang, tapi ibu itu bilang harus dikirim ke rekening atas nama saya, padahal waktu itu saya sengaja misahin uang pribadi sama uang kegiatan mahasiswa, uang pribadi bulanan yg di atm mamah saya, yg uang kegiatan mahasiswa itu justru saya simpen di rekening saya pribadi,,

pelajaran pertama, mungkin justru uang org lain dipisahinnya jgn di rekening pribadi ya, lebih baik bikin rekening baru atau rekening lain yg jarang dipake..

akhirnya, besoknya sekitar jam 5 sore saya dapet telepon, katanya dia udah tranfer,, alhasil saya langsung ke ATM dong, buat ngecek,, naaah, pas dicek, ternyata kok gak nambah2 ya saldonya? si ibu itu nelpon kalo lagi ada gangguan jadi gak bisa tranfer, gue suruh tunggu dulu dan standby di atm,,

gak lama, dia, si ibu yg mesen bros ke saya itu nelp lagi, kalo bakal ada pihak bank yg akan membantu untuk proses tranfer,, waktu itu saya gak mikir kalo lagi jd target korban penipuan melalui hipnotis ATM,, yah singkat cerita, telpon dialihkan ke bapak2 yg katanya dari pihak bank terkait, saya dikasih instruksi melalui telepon itu, mulai dari buka pintu atm, sampe melakukan tranferan ke rekening dia,, dan bodohnya gue, kenapa kok gue mau2 aja ya? dodol kan? yak namanya juga penipuan, tapi untungnya gue sadar saat struk tranferan itu keluar dan si bapak suruh gue robek-robek itu struk,, saya langsung mikir, kok aneh sih? ya Allaaaah, seketika itu juga saya sadar, dan itu struk gue pegang erat2, dan gak gue robek, instruksi terakhir bapak itu gak gue ikutin, gue langsung lari sekencang2nya sambil nangis ke ATM CENTER terdekat di kampus, karena panik, gue telpon mamah, cuman sekedar ngabarin kalo abis kena tipu, abis itu langsung ngejar lari ke bank, takutnya udah tutup.. dan bener lah itu bank udah tutup, tapi gue masuk aja,, dan alhamdulillah masih ada orang, aduh sumpah waktu itu gue malu banget, sambil nangis gue laporan ke bank, kalo abis kena tipu, dan langsung ngasihin itu struk transferan ke mereka,, dengan harapan itu uang bisa kembali ke rekening guee,, huks huks

orang banknya bilang, sambil ngecek bukti tranferan, katanya uangnya udah dibekukan, jadi belum bisa diambil sama si penipu, besar kemungkinan bisa kembali lagi ke rekening gue,, huaaaaaah alhamdulillah,, masalahnya itu bukan uang guee,, gimana gua mau gantiinyaa? hiks,,
yaudah abis itu gue disuruh bikin surat keterangan kepolisian sama surat pernyataan segala macem, sejak peristiwa itu hati gue bener2 gak tenang, deg2an terus, maunya nangis terus, hiks,, langsung aja lah saya urus semua surat2 itu, ke kantor polisi sampe jam 9an malem sendiri,, huks,, apa2 dilakuin sendiri,, sedih beud,,

bahkan waktu itu saya ragu mah ngasih tau ke ketua program mahasiswa kalo uangnya lagi kena tipu,, gue cuman berharap si ketua gak minta uang dulu buat program selama seminggu ini, dan alhamdulillah, semua ini gue rahasiakan dari si ketua program itu.. hehe

singkat ceritaaa,,, seminggu kemudian pihak bank nelpon, kalo uangnya sudah ditranfer kembali ke rekening saya, Alhamdulillaaaaahh,, huaaaaaaa legaaaaaaaa,,,,, setelah itu hati saya baru tenang,,
setelah itu, saya langsung buru-buru merapikan catatang keuangan program selama ini, dengan tujuan biar uangnya bisa segera dikembalikan ke ketua dan dipegang sama ketuanya aja, karena programnya juga udah hampir selesai, tanpa bercerita apapun, akhirnya saya tranfer itu uang ke rekening ketua tidak lama kemudian, karena sedikit trauma, gak mau megang uang orang dulu,, huhu..

dan sejujurnya peristiwa ini saya selalu rahasiakan, hehe,,
tapi akhirnya saya tulis disini siapa tau bisa memberi sedikit pembelajaran dari pengalaman, supaya gak ada yg tertipu seperti gue, alhamdulillahnya ini judulnya hampir ketipu, gak ketipu beneran, karena uangnya masih kembali,, ya Allah tapi ini jd bekal pelajaran bgt buat modal usaha ke depan,,

hikmahnya,,
-jgn seneng dulu lah kalo dapet orderan gede dari org yg gak jelas dan belom dikenal
-jgn nyimpen uang banyak2 di bank, simpen aja di bawah bantal hehe :p
-selalu waspada dan berdzikir pada setiap kesempatan, biar gak kena hipnotis
-hati2 kalau modus penipuan lewat telpon di atm itu memang ada, so,, hati2 yaa,, tentu masih banyak modus yg lain, kita harus ekstra hati2,,

mungkin itu aja yg mau saya share pada tulisan kali ini, mudah2an ada ibrohnya,, :D
see u at next posting,, hehe

1 komentar:

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...