Selasa, 01 Juli 2014

Awal Mula Belajar dan Jualan Flanel Craft



Bismillah,,
Hallo my reader,, :)
seneng deh bisa sempet nulis lagi di bulan Ramadhan ini,, :3
Hmm, kali ini saya mau ngshare nih tentang pengalaman saat pertama kali saya bercraft ria dengan kain flanel, hehe,, meskipun sekedar share,, mudah2an ada manfaatnya ya,, cekidot..

Pertama kali saya tau kain flanel itu saat kelas 1 SMP, yap! saat pelajaran ekonomi, saya inget dulu kami dibikin kelompok dan disuruh jualan sesuatu, naaaah,, grup jualan temen saya itu, dia jualan semacam pin hurup dari kain flanel, awalnya saya masih belum tau, klo itu namanya kain flanel, jadi saya tanya-tanya ke salah satu anggota kelompok itu,, awalnya basa basi dlu, "ini kamu bikin dan jahit sendiri? wooooow keren banget" kurang lebih begitu,, dia jawab "gak lah,, dibantuin sodara aku yang bisa jahit",, oooooooooooh,, saya ber'oh' aja, sambil merhatiin itu pin gimana cara bikinnya, sambil saya liat itu jaitan gimana polanya biar bisa kayak gitu, karena penasaran dan merasa tertarik, saya to de poin aja, "ini cara jaitnya gimana sih?",, dan temen saya pun akhirnya ngajarin sayaaa,, wuhuuuu,,! yeyey!,, mulai dari situ, saya baru tahu tentang tusuk feston, dari temen saya itu saya belajar jahit pake pola tusuk feston, beberapa kali langsung bisa, yaiyalah tusuk feston mah emang dasar banget, sayanya aja yg gak tau, taunya cuman tusuk jelujur haha,,

So, setelah itu, saya coba2 lagi belajar di rumah sendiri, karena waktu awal banget jaitannya masih acakadut, tapi seiring berjalannya waktu, makin membaik,, waktu itu saya iseng aja, kan jualan temen saya itu cuman pin 1 hurup aja, misal pinnya itu bentuk lope, tapi di tengahnya ada inisial huruf gitu,, ya cem2 gitulah,, nah, saya coba untuk bikin yang beda, yaitu bikin gantungan nama dari kain flanel, gak cuma inisial aja, tapi juga nama panggilan.. saya bikinlah itu gantungan, pertama buat saya sendiri terus buat adik-adik saya, haha,,

Naaah,, ternyata setelah saya bikin gantungan nama itu, temen adik saya ada yang pesen, wooow,, lumayan breeh, saya coba buatin deh itu pesenan, waktu itu saya jual kalo ga salah per hurupnya Rp500 atau per namanya Rp2000 lupa euy saya, tp yg penting untungnya lumayan,, cumaaan yaaa itu, karena yg bikin saya sendiri, kadang harus begadang buat bikin pesenan, kadang kalo lagi males, pesenan juga ga dikerjain, haha, namanya juga anak SMP,,

tapi alhamdulillah dari hasil jualan itu, bisa buat jajan sendiri, hehe,, waktu itu pelanggan saya anak-anak SD temen adik saya, kalo dari kalangan temen2 saya di kelas, malah ga ada pesenan, karenaaa,, jujur saya sendiri waktu itu malu banget jualan ke temen2, hehe,, karena saya kan introvert abis, hoho, jadi saya manfaatkan adik2 saya untuk nawarin ke temen2nya, dan saya yg buat pesenannya,, hasilnya bagi2 doong, kadang2 sih,, hehe

so, saya bisa dapet hikmah disini kalo, peminat kerajinan kain flanel itu kebanyakan anak SD, tapi resikonya harus dijual dengan harga terjangkau sama kantong anak SD, alhasil kita jual produk murah jadinya,, temen saya ada yg nanya dulu, "Fa, kamu kalo bisnis jualan yg agak mahal gitu, jgn yg murah2".. yaaa mau gimana lagi, target pasar saya kan anak SD, dan bukan dari kalangan elite, alias kalangan menengah biasa, jadi harganya disesuaikan,, hehe, tapi itu juga udah untung kok Alhmadulillah,, :D

dan satu lagi, menurut saya, sifat KEPO itu perlu dipelihara, haha,, pastinya bukan untuk hal2 gak penting, seperti KEPOin org yg disuka, meski saya pernah sih, hehe, tapi maksudnya lebih kepo sama hal2 yg bisa menambah pengetahuan dan skill kita, ga usah malu2 bertanya, saya jujur orangnya pemalu, tapi karena org yg saya tanya itu temen saya, dan dia juga cewek, jadinya saya ya berani2 aja nanya2, kalo org yg saya tanya itu misal ga terlalu deket dan dia cowok, mungkin saya juga ga jadi nanya sih, dan kalopun nanya gak akan sedetail itu sampe minta diajarin, hoho,,

tapi ya tetep aja dicoba untuk bertanya kepada siapapun itu, kalo emg tertarik menjahit dan pengen tau ya tanya aja, pasti dikasih tau dan diajarin, itu juga kan bisa jadi amal jariyah buat yg mengajarkan, Insya Allah kalo dia ikhlas mengharap Ridho Allah, saya juga kalo udah bisa mah mau2 aja kok ngajarin, meski belum jago2 amat sih,, hehe,,

Itu aja dlu breeh yg mau dishare, mudah2an ada manfaatnya,, :)
kalo ada yg keliru itu dari saya pribadi karena lupa, maaphin yaaak,, hehe
See u at next posting,, :)
makasih udah setia jadi pembaca blog saya,,, (GEER siapa juga pembaca setianya? haha) siapa aja dah yg udah baca, makasih,, mudah2an ada hikmahnya yaaa,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...