Selasa, 15 Juli 2014

HUTANG perhutangan,, kunci selamat finansial dunia akhirat

Bismillah,,
Annyong! hehe..
ketemu lagi nih sama tulisan saya di Jurnal Kehidupan,, hehe,,
pada postingan ini, saya mau menulis tentang hutang perhutangan, hehe,, 
mudah2an menjadi pengingat kita semua yaa,, 


Bismillah,, 
Islam mengatur semua aspek kehidupan, bahkan rinci sampe hal-hal kecil,,
termasuk soal hutang ini, yang dianggap kecil dan disepelekan kadang-kadang..
padahal hal yang kecil ini dampaknya sangat besar kalau ga diperhatikan ya,, 
apalagi masalah besar coba? klo hal kecil ada berdampak besar, hmm..

Berikut ini ada sebuah hadist tentang hutang,, cekidot..


Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ فَارَقَ الرُّوحُ الْجَسَدَ وَهُوَ بَرِىءٌ مِنْ ثَلاَثٍ دَخَلَ الْجَنَّةَ مِنَ الْكِبْرِ وَالْغُلُولِ وَالدَّيْنِ
“Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah no. 2412. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). Ibnu Majah membawakan hadits ini pada Bab “Peringatan keras mengenai hutang.”
“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih

bahkan sampai seseram ini,,

Rasulullah ga mau mensholati jenazah orang yang masih punya hutang,,

Dari Salamah bin Al Akwa’ radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:
Kami duduk di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu didatangkanlah satu jenazah. Lalu beliau bertanya, “Apakah dia memiliki hutang?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak ada.” Lalu beliau mengatakan, “Apakah dia meninggalkan sesuatu?” Lantas mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak.”Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyolati jenazah tersebut.

Kemudian didatangkanlah jenazah lainnya. Lalu para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah shalatkanlah dia!” Lalu beliau bertanya, “Apakah dia memiliki hutang?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Iya.” Lalu beliau mengatakan, “Apakah dia meninggalkan sesuatu?” Lantas mereka (para sahabat) menjawab, “Ada, sebanyak 3 dinar.” Lalu beliau mensholati jenazah tersebut.

Kemudian didatangkan lagi jenazah ketiga, lalu para sahabat berkata, “Shalatkanlah dia!” Beliau bertanya, “Apakah dia meningalkan sesuatu?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak ada.” Lalu beliau bertanya, “Apakah dia memiliki hutang?” Mereka menjawab, “Ada tiga dinar.” Beliau berkata,“Shalatkanlah sahabat kalian ini.” Lantas Abu Qotadah berkata, “Wahai Rasulullah, shalatkanlah dia. Biar aku saja yang menanggung hutangnya.” Kemudian beliau pun menyolatinya.” (HR. Bukhari no. 2289)

tetapi ada kabar gembira,,
Berbahagialah Orang yang Berniat Melunasi Hutangnya
كَانَتْ تَدَّانُ دَيْنًا فَقَالَ لَهَا بَعْضُ أَهْلِهَا لاَ تَفْعَلِى وَأَنْكَرَ ذَلِكَ عَلَيْهَا قَالَتْ بَلَى إِنِّى سَمِعْتُ نَبِيِّى وَخَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدَّانُ دَيْنًا يَعْلَمُ اللَّهُ مِنْهُ أَنَّهُ يُرِيدُ أَدَاءَهُ إِلاَّ أَدَّاهُ اللَّهُ عَنْهُ فِى الدُّنْيَا ».
Dulu Maimunah ingin berhutang. Lalu di antara kerabatnya ada yang mengatakan, “Jangan kamu lakukan itu!” Sebagian kerabatnya ini mengingkari perbuatan Maimunah tersebut. Lalu Maimunah mengatakan, “Iya. Sesungguhnya aku mendengar Nabi dan kekasihku shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkan baginya untuk melunasi hutang tersebut di dunia.” (HR. Ibnu Majah no. 2399. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih kecuali kalimat fid dunya -di dunia-)
Dari hadits ini ada pelajaran yang sangat berharga yaitu boleh saja kita berhutang, namun harus berniat untuk mengembalikannya. Perhatikanlah perkataan Maimunah di atas.
Juga terdapat hadits dari ‘Abdullah bin Ja’far, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ مَعَ الدَّائِنِ حَتَّى يَقْضِىَ دَيْنَهُ مَا لَمْ يَكُنْ فِيمَا يَكْرَهُ اللَّهُ
“Allah akan bersama (memberi pertolongan pada) orang yang berhutang (yang ingin melunasi hutangnya) sampai dia melunasi hutang tersebut selama hutang tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang oleh Allah.” (HR. Ibnu Majah no. 2400. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)
Sebaik-baik orang adalah yang paling baik dalam membayar hutang. Ketika dia mampu, dia langsung melunasinya atau melunasi sebagiannya jika dia tidak mampu melunasi seluruhnya. Sikap seperti inilah yang akan menimbulkan hubungan baik antara orang yang berhutang dan yang memberi hutangan.

karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus benar-benar perhatikan hal ini ya guys, ngutang boleh sih,, tapi jgn lupa dicatet, bikin buku khusus catatan perhutangan, kalau bisa sih usahain gak ngutang, tapi kan kita kadang2 ada aja ya urusan tak terduga, nah saat terpaksa ngutang itulah, yg harus dicatet, dan diinget-inget, jangan sampe org yg kita utangin itu bosen nagih utangnya ke kita, jangan sampe lagi dia nagih utangnya di akhirat, aduuuuuhh, rugi beud itu mah,, 
ya, karena itu, beserta postingan ini, sekali lagi saya WORO-WORO, buat teman-teman para reader yg merasa masih saya hutangin, entah itu janji ngapain, entah itu utang harta/uang, apa aja pokoknya tagih ya,, jangan sungkan, jangan sampe saya menerima tagihan di akhirat, karena,, hutang yg ditagih di akhirat akan dibayar dengan kebaikan,, huaaaa T_T kebaikan saya aja gak tau banyak apa nggak, takutnya malahan jadi minus tabungan akhirat saya, OOH NOO! so,, selagi masih ada kemampuan untuk melunasi, maka saya akan lunasi,, oke bray!
atau, kalau mau diikhlaskan itu lebih baik, jadi sedekah untuk kalian, hehe,, mudah2an kita semua dimudahkan oleh Allah untuk melunasi hutang2 kita,,

MARI KITA JADI HAMBA YANG MERDEKA! MERDEKA DARI HUTANG PERHUTANGAN,, YEAAAH!!!  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...