Selasa, 15 Juli 2014

Jangan Ragu Ikut Lomba Bisnis

Bismillah,,
Kembali lagi ke postingan sayaaaaa, hehe,,
kali ini saya mau berbagi cerita kepada para reader semua tentang pengalaman ikut lomba bisnis,,
ada hal menarik yg perlu kalian tau di postingan ini, apa tuh? hmm,, ikutin deh ceritanyaa :)



Kalau kita mau punya bisnis, tapi ga punya modal, gausah cemas bray! jangan jadikan modal uang sebagai alasan mutlak buat kita gak mulai-mulai bisnis, karena berdasarkan pengalaman, meski udah punya uang, tetep aja bisnisnya belom tentu berjalan konsisten,, hehe,,

Sebagai mahasiswa, kita harus bersyukur, karena, banyaaaak banget kesempatan yang bisa kita ambil, khususnya dapet modal usaha dan ikut lomba bisnis gratis,,
satu hal yg pertama, carilah lomba-lomba bisnis plan yang gratisan, tidak perlu pakai uang pendaftaran.. oke? biar klo ga menang ya santai laah,,, ga rugi2 amat,,

orang bilang ada yang namanya bisnis tanpa modal, ah,, buat gue,, ga ada tuh bisnis tanpa modal beneran, seenggaknya kita harus mengeluarkan energi untuk berpikir dalam membuat bisnis plan, harus keluar biaya internet buat ngirim proposal, dll,, jadi ada aja pengorbanan yang harus kita lakukan,,

gak ada sesuatu tanpa pengorbanan bray!,,

Awal kali saya pertama bikin bisnis plan, saya kirimin ke PMW di kampus tahun 2012, alhamdulillah lolos, karena bantuan temen saya tentunya,, pas itu, proposal udah jadi, tapi ternyata Deadline pengumpulan mepet dan saya lagi ada di Bogor, waktu itu saya ngajuinnya atas nama individu aja, jadinya saya minta tolong temen saya yg ada di Bandung, untuk minta tolong ngumpulin, akhirnya saya berpartner sama temen saya itu, dan karena temen saya bersedia ngumpulin, saya masukin namanya di proposal, Alhamdulillah karena jadi dikumpulin itu, jadi dapet modal dari PMW, thx for my friend :) ,,

awalnya saya ragu sama ide bisnis saya, tapiii,, ah waktu itu saya pikir, COBA,,! COBA AJA! YANG PENTING NYOBA! toh ga ada ruginya juga, mungkin udah keluar energi buat bikin bisnis plan, keluar dana buat ngprint, tapi itu kan ga seberapa, malahan ini ada peluang tapi gak dimanfaatin ITU YG RUGI BEUD..! jadi yaudah saya PD aja lah, ngumpulin itu proposal, padahal waktu itu juga syaratnya ada yg ga lengkap, tapi yaudah,, Bismillah,, kalo emg rejeki, Insya Allah ga kemana,,

Sebenernya ada byk hal yg mau saya ceritain saat PMW, tapi itu di postingan berikutnya yaaa,,
kita lanjut dulu,, intinya mah, mungkin waktu itu gue bisa aja nyerah untuk ga jadi ngumpulin proposal, tapi kita harus terus berpikir bray! pasti ada jalan keluar, dan minta bantuan temen lah salah satu jalannya :)

Selanjutnya,, waktu itu ada lomba BNI Creativepreneneur,,
Fa , dari mana sih lo tau info2 lomba? dari KEPO,, ya iyalah gue biasanya nyari2 info ttg lomba bisnis dari internet,, jadi suka dapet info lomba bisnis menarik ,, hehe, jadi klo emg udah niat mau ikut lomba2, USAHA lah sedikit, dengan KEPO-KEPO INFORMASI di Internet, jangan nunggu info dari orang lain,, ya ya,,
lanjut,,

waktu ikut lomba BNI Creativepreneur, itu kan gratisan, yaudah ikut, kebetulan juga ada ide, yaudah deh bikin proposalnya, terus dikirim,, awalnya ragu juga, duh ini ide gue kayaknya gak banget deh,, masa ide macem ngono, aneh deh,, tapi yaudah sih, cuek aja, toh panitianya juga gak kenal gue, ngapain malu kalo emang ternyata ide gue itu aneh, ah namanya juga bisnis kreatif, harus aneh dong,, dengan cara cuek dan mematikan rasa malu itu aja gue maju terus buat ngirimin proposal, dan Alhamdulillah, di suatu malam saat perjalanan pulang ke Bogor, dapet telepon dari panitia, bahwa saya masuk finalis 20 besar, WOOW, Alhamdulillah bangeeet,, ga nyangka aja, berarti ide gue lumayan,,
intinya, kita gausah ragu, sama ide kita, mungkin ya sempet kepikiran kalo ide kita ini nggak banget, tapi ngapain sih, cuek aja lah yaa,, justru kita bakal nyesel kalo ternyata ada orang yg pake ide yg mirip dengan ide kita dan dia berhasil,, itu JLEP banget bray..

oke, lanjut ke yg ketiga,, ini nih yg gue bilang menarik,,
ikut Wirausaha Muda Mandiri,,
gue juga pernah daftar jadi peserta WMM, bahkan 2 tahun terakhir ini ikut terus,, kenapa? ya pengen nyoba aja,, siapa tau berhasil gitu ya,, hehe,,

Temen-temen mungkin tau bahwa untuk ikut WMM ini syaratnya usaha harus udah jalan konsisten dan beromzet gede, ampe ratusan bahkan miliaran rupiah,, tapi,, waktu itu usaha gue boro2 omzet ratusan juta, jalan konsisten aja kagak! haha,, tapi ya tapi,, waktu itu gue mikirnya yaudah lah, yang penting nyoba daftar,,! gue yakin sih ga akan keterima tapi, tg gue pikir waktu itu, siapa tau gue bisa dapet info bisnis lainnya dari lomba ini, siapa tau bisa dapet kesempatan lain dari lomba ini, siapa tau dan siapa tau,, sampai akhirnya, oke Fine, pas pengumuman, seperti yg gue duga bahwa gue gak lolos sama sekali, aaah,, yaudah lah, toh udah nyiapin mental juga buat gagal, jadi ya udah selow aja,, hehe,,

tapi ya, ini nih yang menarik, ini nih,,
waktu itu, saya lagi karantina BNI Creativepreneur di Jakarta,, terus tiba-tiba saya dapet telepon dari Bank Mandiri, duh, gue kan kaget, masa sih gue lolos? ah gak mungkin, eeeeh ternyata orang itu ngabarin kalau saya salah satu wirausaha yang dapet pendanaan dari pemerintah! hooo? gue melongo,, nyata-nyatanya, orang pemerintah itu kerjasama sama mandiri untuk mendata para wirausaha, mungkin karena waktu itu gue daftar WMM, tapi gak lolos, kan datanya udah ada tuh di panitia WMM, jadi dari list peserta yg gak lolos itulah, diambil orang2 yg bakal didanain sama pemerintah, WOOOOOW,,, asik kan bre?

itu lah kenapa saya selalu COBA, COBA dan COBA, toh ga ada salahnya juga, ga ada ruginya juga,,
ga usah malu, ga usah ragu, Insya Allah, rejeki akan ada aja buat orang yang berani mencoba.. so, mencoba juga bagian dari ikhtiar kita untuk dapat yg lebih baik kan?

jadi,, itulah sedikit share ttg pengalaman saya ikut lomba bisnis, sebenernya kalo mau lebih rinci itu panjaaaaaaaang banget ceritanya, tapi mudah2an dari sini bisa diambil hikmahnya yaaa,,
siapa sih yg tau rejeki? yang penting kita berusaha yang terbaik aja untuk dapet yg terbaik dan diRidhoi Allah tentunya :)

See U at Next Post,, :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...