Jumat, 07 November 2014

Urgensi Membina - Sampai Kapan Menunggu Sempurna?

In My Opinion..


Membina adalah salah satu cara untuk membentuk karakter islami dalam diri seseorang. Membina generasi muda dengan nilai-nilai islam adalah salah satu cara yg bisa kita lakukan untuk menyemai benih-benih kebaikan yang suatu saat nanti dapat diambil hasil panennya di masa depan, baik di dunia maupun di akhirat.

Urgensi membina, tak perlu menunggu harus memiliki ilmu agama yang sempurna, sebab masing-masing dari kita bertanggung jawab untuk menyampaikan suatu ilmu yang kita ketahui meski hanya 1 ayat, meski hanya 1 kalimat.

Apapun yang kita sampaikan, tentu saja akan dimintai pertanggung jawaban, sebab apa yang kita katakan harus sesuai dengan apa yang kita lakukan, hal ini yang akan memacu kita untuk terus memperbaiki diri dan meng-upgrade ilmu yang kita miliki, tidak hanya ilmu agama, tapi juga ilmu dunia..

Membina juga salah satu dari pengamalan ayat al-Quran yaitu berlomba dalam kebaikan, karena bagi siapa saja yang menjadi perantara turunnya hidayah Allah bagi seseorang, maka balasannya akan jauh lebih baik dari harta kekayaan dunia.

Apalagi membina di ITB, sebuah investasi dimana kelak, siapa yang tahu kalau salah satu binaan kita menjadi tokoh masyarakat yang akan berpengaruh kebijakan yang dia buat, keputusan yang dia buat, dan sikap yang dia lakukan..  

So, bagi saya, membina orang lain adalah cara untuk membina diri sendiri.. Karena dibalik menjadi seorang pembina atau mentor adalah harus bisa menjadi teladan yang baik, meski itu berat, tapi kalau punya keinginan kuat untuk berubah jadi lebih baik, pasti Allah akan bantu, yang dibina dan yang membina adalah orang yang sedang menuju perbaikan diri meraih Ridho Allah SWT,,,

Kalau menunggu diri ini sempurna, sampai kapan? sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa sempurna, sampaikan meski hanya 1 ayat, ya kalau kita tidak tahu, bilang aja belum tahu, memang masih harus banyak belajar jadi mentor juga, hehe,,

Sekian, postingan kali ini bertema pembinaan, sekalian ngerjain tugas dauroh, hehe,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...