Kamis, 13 November 2014

Sakura - Dialog Bahasa Jepang dalam Novel

Watashi wa Haifa desu, :)

Memang ya, masa muda itu masa2nya labil, kemaren mau ke korea, sekarang ke jepang, ya jalani aja lah, sampai benar2 mendapatkan jati diri yg sesungguhnya, ga ada salahnya juga belajar sesuatu yg baru, belajar beberapa bahasa yang diminati, mungkin aja manfaatnya bisa dirasakan lain waktu,,

Oke, karena akhir2 ini saya punya niat ke jepang, dan wallahu'alam hanya Allah yg menentukan, jadi tadinya saya niat untuk kursus bahasa jepang, tapi setelah dipikir2, kalo les bahasa di tempat kursus itu perlu biaya, dan juga ga bisa cepet, alias untuk 1 level aja butuh waktu 3-6 bulan ya? sedangkan saya maunya cepet, jadi saya putuskan untuk belajar otodidak, karena kalo emang kitanya mampu, kita bisa ngejar materi sampe tingkat atas, kalau konsentrasi dan otak kita bagus, jadi yg saya lakukan adalah cari sumber materi di internet, dari situs yang sekiranya lengkap dan dapat dipercaya, hehe,, serta saya baca2 novel yang berlatar di jepang, supaya bisa tau kata2 dialog yang pake bhs jepangnya,

salah satunya dari novel SAKURA,,


Bercerita tentang mahasiswa yg melakukan exchange ke jepang selama 1 th, singkatnya ada cinlok sama cwo jepang, tapi sayang ya namanya juga beda agama, ya jd ga jodoh deh, kkkkk,,,

tapi bukan isi novelnya yg mau saya bahas,
cuman mau ngutip dialog2 dlm bhs jepangnya aja yg ada di novel itu, mudah2an bagi kamu yg sedang belajar bhs jepang juga bisa membantu :)

Ueno Koen : Taman Ueno
Stasiun Tobitakyuu : Tobitakyuu eki
Cepat! : Hayaku!
ya! : Haik..!
Kerja Paruh waktu : Baito
Sangat indah : Hontouni Kirei!
Musim gugur : Aki
Musim dingin : Fuyu
Musim panas : Natsu
Musim Semi : Haru
Kereta listrik Jepang : Densha
Orang asing : Gaijin

Hal itu tidak perlu dibicarakan : Sore wa iwanai yo!
Bohong! : uso!
Aku tidak bohong : Uso, janai yo!
shashin, shashin! : foto, foto!
tidak bawa payung : kasa motte konai no?
Tori : gerbang kuil
maafkan aku : Gomen ne!
kombini : toko 24 jam yg menjual berbagai macam kebutuhan
Hontouni gomennasai : mohon maaf sekali

Un, Daijoubu yo, Kyou wa hima kara : Iya, tidak apa-apa, hari ini memang luang
Shukudai : Pekerjaan Rumah (PR)
depaato : pusat perbelanjaan
butaniku : daging babi
sakana : ikan
nyukazai : pengemulsi dari hewan
jidouhanbaiki : mesin penjual minum

kudanshita eki, onegaishimasu ! : tolong antar ke stasiun kudanshita
futon : kasur jepang yang biasa dihamparkan, dasn bisa dilipat untuk dimasukkan ke lemari
atsui desu ne! Daijoubu : panas ya, kamu gak apa-apa?
Haik, daijoubu desu, kuni mo itsumo atsui desu yo : aku baik2 saja, negaraku jg selalu panas
atatakai ne! : Wah, hangat ya!
ohayou gozaimasu : selamat pagi
keigo : bahasa jepang formal

anata : kamu
himitsuna koto? : hal yg rahasia?
Haik, donata desuka? : ya, siapa di luar?
Nani? : ada apa?
Oinori : berdoa/solat
sensei : guru
natsuyasumi : liburan musim panas
Nihongo de? : dengan bahasa jepang?

Sou to omou : sepertinya begitu
himawari : bunga matahari
kibishii : berdisiplin ketat
tanabata matsuri : festival tanabata, menggantung harapan di pohon tanabata
omikuji : kertas ramalan yang ada di kuil
hanabi taikai : pertunjukkan kembang api
Hiro wa? : kalau hiro? --> kalo kamu, berarti anata wa? (hiro itu nama orang ceritanya)
Tokyo Tawa : tokyo tower

Otanjoubi omedetou : selamat ultah!
Indonesia jin ga suki do yo : aku suka orang indonesia
Hontou? : Benarkah?
Sore wa,, boku no kokoro kara yo : itu sungguh dari hatiku
wakatta yo,, : aku mengerti
samisen : alam musik jepang, berdawai 3
Taiko : gendang kecil jepang
minasan, konnichiwa! : selamat siang semuanyaaa

Haik, kirana ga suki : ya, aku suka kirana, (kirana itu nama orang, bisa diganti namanya)
Haik, daijoubu Douzo : Iya, gpp, silakan
Irasshaimase! : selamat datang
Yonensei : mahasiswa tingkat 4
Samui ne : dingin ya!

Ishokenmei yarimasu : selalu melakukan yg terbaik
Israamu kyoto desuka? : apakah kamu penganut agama islam?
noriba : halte
Ganbatte ne! / ganbari / ganbarimasu / ganbarimasho : Berjuanglah!
Haik, ganbarimasu : baik, saya akan berjuang..


sip, segitulah,, lumayan ya, itu yg ada di novel, jadi sekalian baca novel sekalian belajar bahasa jepang deeeh,, mudah2an bermanfaat :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...