Jumat, 21 November 2014

Seminar dan Screening Thalassemia,,

Bismillah,,
Mungkin banyak orang yang belum tau tentang penyakit ini, termasuk para reader, oleh karena itu saya mau coba share, hasil seminar hari ini,,

Maksud saya yang sebenar-benarnya maksud adalah, saya suka banget ikutan seminar2 gratis, mohon untuk dimaklumi sebagai mahasiswa ya begini masanya, tapi sejujurnya saya ga betah, kalau saya memang mampu bayar, lebih baik saya bayar, saya juga punya harga diri dong, moso maunya gratisan terus? hehehe,, tapi sekarang kondisinya beda, lagi tipis2nya,, ditambah BBM naik, makin tipislah, anggaran buat ikut2 seminar, buat ongkos, buat makan,, kan saya juga maunya nabung, buat masa depan, #eh jadi curhat.. haha..

iya jadi ya maksud saya cuman mau dapet snack sama makan siang gratis aja, hohoho,, ketauan deh,, gak lah ya, Bismillah, mau mencari Ridho Allah juga,, :D

Meskipun sebenernya saya takut soal thalasemia ini,, ngeri aja kalo udah bahas kesehatan,,

Nah, sebelumnya thalasemia itu penyakit genetik, yang tidak bisa disembuhkan, karena itu, salah satu cara pencegahannya adalah screening dini, sebelum menikah, iya ini juga yang harus jadi pertimbangan para calon pasangan yang akan menikah, untuk melakukan tes kesehatan dulu, buat apa? supaya kalau ada kemungkinan2 dari masing2 calon membawa sifat suatu penyakit tertentu, bisa langsung dicegah..

Thalasemia itu, penyakit yang menyebabkan sel darah merah menjadi tidak normal, kan kalau yang normal mah itu bentuk sel darah merahnya bulat cekung, sedangkan yg thalasemia itu bentuknya lebih kecil bahkan seperti bulan sabit, jadinya kadar hemoglobinnya itu rendah, otomatis oksigen yg dibawanya juga jadi sedikit, hal ini membuat pasien lemas dan perlu mendapatkan transfusi darah secara rutin.. sedangkan transfusi yg rutin itu bisa menyebabkan penyakit komplikasi yang lain, ya kan darah yang diambil dari orang yang berbeda2, jadinya lebih rawan terkena penyakit lain..

begitulah kira2, nah penyebabnya itu sendiri, karena adanya perkawinan dengan saudara yang masih dekat, so, ini juga harus dipertimbangkan, kalau nikah  ya cari lah yg jauh-jauh, jangan yang deket2 banget hubungan kekerabatannya (kalo deket rumahnya boleh ga? #hehe),, biar anak keturunannya nanti gak kena penyakit genetik..

Singkatnya begitu lah, kalau mau lebih jelasnya silakan searching, hehe,, atau tanya ke dokter ahli..
yang jelas kesimpulannya, sebelum kita menikah ada baiknya tes kesehatan dulu, hal ini juga untuk kebaikan anak cucu kita, hehe,,

Nah setelah seminar, itu langsung screening tes darah, waduh nervous, ini kedua kalinya saya tes darah, takut, karena ga pernah diambil darahnya lewat tangan sebelumnya,, takut pusing, kunang-kunang dan pingsan, haha,, karena pernah kayak gitu, tapi itu mah gara2 belum makan, kalo yang ini mah tadi udah dikasih makan dulu roti 2 bungkus, hehe,, jadinya yaudah gapapa,,

Saya takut juga sih sebenernya, tapi berharap saya mah normal-normal aja, karena ga ada riwayat keluarga juga yang punya penyakit berat, kalau untuk kesehatan, saya lebih memilih normal, gamau yang aneh2, tapi kalo soal kreativitas dan jalan hidup, saya maunya yang beda dan unik, tapi yang lebih baik tentunya,, hehe
Hasilnya screeningnya belum keluar, gatau kapan keluarnya, doain aja kalau darah saya normal, dan tidak memiliki bawaan sifat thalasemia (Aamiin), kalau punya (naudzubillah), saya ga boleh nikah sama orang yang punya bawaan thalasemia juga, karena ada kemungkinan nanti anaknya kena thalasemia,



bawaan itu maksudnya gimana? iya, bawaan, jadi sebenernya dia itu ga sakit, dan normal aja ga menderita thalasemia, tetapi dia membawa sifat yang akan diturunkan kepada anak2nya kalau bertemu dengan gen bawaan juga, pasti pernah dong ya belajar hukum mendel yang persilangan2 gitu? ya gitu lah,, hehe

So, jangan disepelein ya, kesehatan itu rejeki yang menurut gue lebih berharga dari duit berapa gepok pun, hehe, karena kalau udah harus transfusi terus itu setahun bisa 200-300 juta, lebih baik dicegah sedini mungkin, dan lebih baik sehat, supaya kitanya juga lebih mudah melakukan hal2 yang bermanfaat,, :)

itu aja yang mau saya share, mudah2an bermanfaat, dan jangan lupa lakukan tes kesehatan sebelum menikah,, bukan hanya tes thalasemia sih, banyaaaak, termasuk golongan darah, dll dsb, ga ngerti lah saya juga, belum pernah soalnya,, hoho,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...