Senin, 09 Februari 2015

Jadi Guru Privat - Sharing Pengalaman

Bismillah,,
Hai readers,, udah lama nih saya gak nulis yaa,, maafin,, karenaaa,, emang gak nyempetin nulis aja hehe, bukannya gak sempet,,

Readers, adakah yg pernah jadi guru privat? kalau ada, mungkin kita punya cerita yang sama, kalau belum, saya mau coba sharing pengalaman ajaa, semoga bermanfaat,, :)



Pertama, mulai dari motivasi ya,
sebenernya kepikiran jadi guru privat karena di kampus udah ga ada kuliah, selain itu karena saya mau mengulang lagi konsep2 biologi yang udah saya pelajari sekaligus mengamalkan ilmu yang saya miliki dengan cara mengajarkannya kembali, saya berharap hal sepele kayak gini juga bisa jadi amal jariyah buat akhirat nanti,, aamiin,, dan saya pilihnya jadi guru IPA anak SD, SMP, SMA, tapi khusus Biologi, karena kalau fisika/mtk/kimia SMA saya aja dulu ga terlalu jago, haha,,

kalau untuk bayaran, cari uang sebenernya itu nomer 2, karena kalau soal uang saya masih ada bisnis penyewaan proyektor, lumayan buat makan dari hasil bisnis itu, alhamdulillah sih ada aja yg nyewa tiap minggu, tapi kalau ngajar lebih kepada untuk mengamalkan ilmu dan perbanyak pengalaman, dan buat jadi wadah silaturahmi juga, karena kalau jadi guru privat kita juga akan komunikasi sama keluarga anak didiknya hehe,,

spoiler aja buat bayaran seorang guru privat itu untuk anak SD/SMP Rp35.000/pertemuan, untuk SMA Rp50.000/pertemuan, dan gajinya dibayar tiap awal bulan, kalau kita punya motor sih enak, tapi saya biasanya pakai angkutan umum, dan kalau jauh ongkosnya lumayan, hehe, tapi biasanya honornya suka ditambah sih buat ongkos, hoho,, dengan bayaran yang segitu sih ya saya mah syukuri aja, dan makanya gak jadi tujuan utama, karena gak terlalu besar juga,, hoho..

Sampai saat ini saya baru punya 3 anak didik, cowo kelas 8 SMP (IPA dan B.indo), cowo kelas 6 SD (MTK), dan cw kelas 2 SMA (Biologi), waktu awal pertama ngajar, saya takut, aduh gimana ya nanti, keluargnya baik gak ya, anaknya baik gak ya, dll dsb,, tapi alhamdulillah kok baik2 semua,, setiap kali saya ngajar selalu ada makanan dan minuman, dan pulangnya dianterin juga sampe depan komplek, hehe, saya ngajar di daerah ciwastra, ciroyom, dan awiligar, nah untuk daerah awiligar itu angkotnya jam 5 udah ga ada, sedangkan saya ngajar sampe maghrib, duh tapi untungnya orang tuanya baik, jadi saya dianter sampai jalan yang ketemu angkot jurusan lain yang bisa sampe rumah, hehe,,

Hmm,, sebenernya saya juga mau melatih kemampuan komunikasi saya sih, makanya ngajar, dan sekalian mau latihan buat nanti kalau udah punya anak, maunya sih diajarin sendiri sama ibunya nanti anaknya, kalau saya gak sibuk ya, hahahaha,, tapi insya Allah dah buat anak mah pasti disempetin waktunya,, gitu deh,,

Seru sih, bisa belajar banyak, pengalaman banyak, dan networking juga,, silaturahmi, dll dsb,, Nah sebenernya agak nyesel juga kenapa gak dari dulu ya ngajarnya? hehe, ya kalau dulu soalnya saya lagi suka ikut2 seminar,lomba,pelatihan bisnis dll dsb, so,, buat kamu yang mau berbagi ilmu dan mengamalkan ilmu dengan jadi guru privat, mending dari sekarang aja, buat melatih manajemen waktu juga lhoo,, bisa kontak saya juga kalau butuh lembaga privat yg lagi nyari pengajar, hehehehe,,

Sip deh, itu aja yg mau saya share,, semoga bermanfaat,,
Mohon doanya juga ya dear readers, supaya jalan kelulusan saya dimudahkan oleh Allah SWT,, aamiin,, :D

see u at next posting,, :)
kamsahamnidaaaaaa udah baca,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...