Jumat, 27 Februari 2015

BETAMORFOSA - Proses Perjalanan Diri Menuju Dia


Sebuah kisah dalam hidup beta, ketika beta merasakan gelisah dalam hati terhadap semua hal yang beta alami. Membuat beta akhirnya berubah untuk jadi muslimah yang baik, beta berharap cerita singkat ini bisa menambah hikmah bagi siapa sajah.. aamiin dah :)  




Setiap pelajaran agama Islam di sekolah, beta selalu merasa deg-degan. Waktu itu beta masih kelas 3 SD. Beta takut sama guru agamanya, takut ditanya bagaimana solat 5 waktunya, bagaimana ngajinya, dan takut dites bacaan Qurannya. Sampai ketemu gurunya pun beta takut dan malu-malu. Waktu itu Alhamdulillah beta udah pakai kerudung sejak kelas 3 SD, meskipun masih istilahnya “belang bentong” alias kadang pake kadang enggak, dan pakenya cuman pas ke sekolah aja. Sedangkan di kelas, yang pakai kerudung hanya beta satu-satunya. Mungkin karena itu, beta dianggap udah jadi anak yang baik dan solehah, padahal beta pakai kerudung juga masih ikut-ikutan temen tanpa alasan yang beta gak ngerti kenapa beta mau pake kerudung, dan beta juga samasekali merasa belum jadi anak yang baik. Buktinya beta takut banget ditanya sama guru agama tentang solat 5 waktu, karena beta masih bolong-bolong solatnya, apalagi kalau solat di sekolah, beta merasa males banget, karena tempat wudhunya terbuka, dicampur pula sama tempat wudhu pria, pokoknya musola dan tempat wudhunya gak banget lah. Beta harus buka kerudung buat wudhu, sedangkan sebelahnya anak cowok yang lagi wudhu juga, jadinya itu salah satu alasan yang bikin beta males solat di sekolah, dan bacaan Quran beta juga masih sangat terbata-bata.

Pernah suatu hari beta ditunjuk sebagai seksi keagamaan di kelas, Why? Beta gak ngerti kenapa harus ada seksi keagamaan di kelas? Dan kenapa beta yang ditunjuk? Apakah hanya karena beta pakai kerudung? Dan saat itu salah satu tugas beta sebagai seksi keagamaan di kelas adalah mimpin doa sebelum belajar, serta yang paling beta merasa deg-degan dan takut adalah waktu beta disuruh wali kelas mimpin baca Quran bareng temen-temen sekelas. Sebenernya beta malu banget karena bacaan Quran beta masih terbata-bata, malu juga sama diri sendiri kenapa udah pakai kerudung kok bacaan Qurannya belum lancar? Akhirnya karena bacaan beta masih terbata-bata dan lambat, wali kelas yang gantiin mimpin lanjutan ayatnya. Disitu beta merasa sedih. :’(

Rasa gelisah itu bikin beta merasa gak nyaman, tapi beta masih gak ngerti harus ngapain, namanya juga anak SD, masih bandel, disuruh solat sama ngaji masih males-malesan, jadi yang beta lakukan hanya menghindar. Menghindar kalo ketemu guru agama, ngumpet dari pandangan guru waktu mau baca Quran bareng temen-temen sekelas, walau akhirnya terpanggil juga nama beta sama wali kelasnya.. disitu beta belum menemukan jalan untuk berubah, tapi beta mulai punya perasaan kalau beta harus berubah, meski belum tau caranya.

Sampai beta lulus SD, beta masuk ke SMP Islam swasta, tadinya beta mau masuk SMP Negeri lima, tapi gak dibolehin sama orang tua, mungkin ini juga jalan dari Allah buat beta untuk berubah. Tentu aja selama SMP, beta lebih diajarin sama ilmu-ilmu agama, mulai dari bacaan Quran, hafalan Quran dan solat wajib sampai sunnah-sunnahnya. Disitu beta merasa bersyukur, tapi saat itu beta juga gak langsung berubah sepenuhnya, tapi sedikit sedikit mulai ada yang membaik. Beta mulai ngerti kalau pakai kerudung itu wajib, dan membuat beta jadi punya alasan kenapa harus pakai kerudung, gak cuman ke sekolah tapi juga main ke luar rumah. Setiap hari di sekolah selalu ada evaluasi amal harian yang ditempel di mading kelas, beta suka minder liat temen-temen yang solatnya full gak ada yang bolong, tapi proses metamorfosa terus berlanjut sampai akhirnya beta bisa solat 5 waktu juga seperti teman-teman yang lain.

Sampai saat ini beta menyadari bahwa proses metamorfosa diri masih belum selesai, fasenya masih akan terus berlanjut sampai akhir kehidupan beta. Sebab metamorfosa adalah sebuah proses yang harus terus dilakukan sampai pada fase akhir menuju bentuk yang sempurna jika metamorfosanya adalah metamorfosa sempurna. Setiap fasenya tak boleh terlewati, harus dijalani fase demi fase, sampai akhirnya seekor ulat menjijikan yang dihindari oleh semua orang mampu menjadi kupu-kupu dengan sepasang sayap yang dapat membuat siapa saja terpesona dengan keindahannya, serta mampu terbang tinggi menembus ruang hati menuju ridho Ilahi. 

Sekian,,, :) 
Terimakasih telah kau luangkan waktu membaca kisah beta, da beta mah apa atuh, bagi beta berbagi adalah peduli, sekiranya masih banyak kekurangan dalam kisah yang beta ceritakan, beta harap teman-teman yang akan menyempurnakan dengan kisahnya sendiri, dan semoga tetap ada hikmah yang bisa direnungi. Jika kau punya cerita yang lebih menginspirasi, silakan untuk dibagi, supaya kelak suatu saat nanti bisa menjadi tabungan jariyahmu ketika mengadap Ilahi..


Thx for your time to read my story.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...