Sabtu, 23 November 2013

Haifa, terus kamu ngapain lulus?

Haifa, terus kamu ngapain lulus?
kyaaa,,, kaget juga saya terima pertanyaan itu,,

awalnya teman saya bertanya,,
Haifa kamu buat apa jualan?
selintas terpikir ya buat cari uang, tapi dipikir lagi ah bukan hanya uang, tapi lebih dari itu,
akhirnya saya jawab
" Buat persiapan setelah lulus, soalnya sy lulus gamau cari kerja, mau langung urusin bisnis aja"

"Trus kamu ngapain lulus?"
spontan saya tertawa "hahaha"
"Oh iya ya, ngapain ya, hmmm,, banggain orang tua aja, minimal bangga secara anaknya lulusan ITB, hhe" jawab saya

2 pertanyaan singkat di sela-sela praktikum membuat saya berpikir ulang, kembali meRecharge ttg apa sebenarnya yg sedang saya lakukan, kenapa saya jualan? dan kenapa pula saya masih bertahan kuliah?

woooooow,, semua itu pasti harus ada alasan, gak hanya sekedar mau dan bisa.. tapi timbul dari dasar hati dan kesadaran tentang pentingnya saya melakukan ini dan itu,,

so, sebagai seorang muslim, kita tentu tau ttg taklid (ikut-ikutan tanpa disertai dasar yang kuat), dan ga seharusnya kita melakukan taklid buta ya,, kita harus punya ilmu atau dasar yg kuat dalam melakukan segala sesuatu,

ya, sekarang memang jamannya semua orang mau jadi entrepreneur, seminar2 bisnis ada dimana2,, tapi jgn sampai kita ikut2an mau terjun kesana juga,, karena ga semua orang jiwanya atau passionnya bisnis,

meskipun minimal kita harus menjadikan bisnis 'embeded' dalam hidup kita, supaya kita bisa jadi umat yg mandiri, maksudnya,, kalo passion kita jadi dosen/peneliti, kita juga ttp punya bisnis sampingan yang mungkin ga sepenuhnya kita yg jalanin, misal saudara kita atau teman kita, atau kita bisa sebagai investornya aja,, kek gitu,,

kalo saya sendiri, emang entah kenapa, seneng aja berinteraksi dengan orang baru, dengan orang2 dari berbagai kepribadian, belajar banyak hal baru, sehingga menurut saya dunia bisnis itu lebih dinamis, bisnis itu dinamis, ya!,, sangat berbeda mungkin jika menjadi saintis, waaaaaah,, saya melihatnya terlalu monoton,, entah, saya juga lebih senang berpikir dan melakukan hal2 kreatif, setidaknya kalo bisnis mau gak mau harus menggunakan kedua bagian otaknya, jangan dikiran bisnis itu gak mikir, bisnis juga mikir lho, tapi lebih asik dan fleksibel.. kalo pemikiran saintis, udah terpola dengan metode dan segala standar bakunya, ya lebih analitis,, tapi ga rugi juga dilatih berpikir analitis selama kuliah, cuman saya kurang betah berpikir terlalu pake otak kiri, hhe,,

ya, saya memulainya dari kesenangan saya sendiri, mencari sendiri apa yg diri saya senangi,, just it!
terus, knp saya masih bertahan kuliah?
karenaaa,,, dulu, saya mau masuk ITB itu SUSAH BANGET, SUSAH SUPER DUPER SUSAH..
jangan dikira gak pernah kepikiran untuk mengundurkan diri di tengah jalan,,
dulu saya pernah berpikir gitu, tapi kalo saya ingat2 perjuangan dulu masuk ITB , waduuuh,, gak tega rasanya,,, tentu bukan hanya saya yg berjuang, tp orang tua juga berjuang cari uangnya untuk kuliah saya..

ah, yaudahlah, saya coba tahan dan terus jalanin, dan asik-asikin kuliah, meskipun sebenernya kuliah itu asik ga asik, tapi saya pikir saya kan bisa cari keasikan yg lain, cem2, kegiatan di salman atau ngapain gitu,,
sebenernya itu aja sih, dulu saya udah mengorbankan byk, udah berjuang byk, utk masuk ITB, masa iya mau ditinggal? terus juga mungkin ortu bakal kecewa berat klo sy sampe ga jadi sarjana ITB, yaa meski pun ini duniawi bgt sih, tapi niatin aja membanggakan dan membahagiakan ortu itu ya hanya untuk menggapai Ridho Allah,

so bree,, inti dari tulisan ini adalah, kita mesti punya alasan, dasar ilmu yg kuat kenapa kita melakukan ini dan itu, karena segala sesuatu yg kita lakukan di dunia ini akan dimintai pertanggung jawabannya,, so, Prepare from Now! sebenernya ada bnyk alasan kenapa saya bisnis, kenapa saya kuliah, kenapa saya gini dan gitu, tapi akan terlalu panjang kalo diceritain dalam 1 post,, hehe,,

tunggu post berikutnya aja yaaa,, kalo tertarik baca, mangga,, kalo gak jg, gpp,,
meski tulisan hanya se sepele ini, tapi saya berharap ada sedikit yg nancep di hati para pembaca, hehe, setidaknya kita sama2 mereminder diri dan orang2 terdekat, sekitar kita,, :D

write with love- Haifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...