Kamis, 11 September 2014

Mengenal diri : Pleghmatis Abis,,

Bismillah,,
Dear Reader,, 
Ada kalanya di kampus sering diadakan training leadership GRATIS,, 
dan dengan semangatnya saya langusng daftar, saat disuruh bikin esai, tentang motivasi ataupun peran kepemimpinan yang pernah dijalani, saya bingung,, makanya seneng ikut2 training leadership gitu, karena saya juga pengen kelak jadi leader yang baik, dalam lingkungan yang sekecil apapun itu, mungkin leader bagi sekaum aja, alias para wanita,, hehe,,

Ini, secuplik esai yang saya buat untuk ikut training tsb,



Seorang Pleghmatis yang Ingin Jadi Pemimpin
Oleh : Siti Haifa 10610075


Seorang pemimpin selalu identik dengan orang yang berkepribadian dominan/ koleris. Tes kepribadian mengatakan bahwa hanya orang yang dominan yang memang pantas menjadi seorang pemimpin. Tetapi bagaimana dengan orang pleghmatis melankolis yang biasanya bersifat introvert ? apakah mereka bisa menjadi seorang pemimpin?  
Salah satu dari mereka adalah saya, dengan kepribadian saya yang pleghmatis, melankolis dan introvert ini, saya masih belum percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin, karena salah satunya saya merasa saya bukan orang dominan yang memang tidak cocok untuk menjadi seorang leader. Meski saya seringkali mengikuti kegiatan-kegiatan kepemimpinan, tetapi tetap saja masih belum bisa menjadi seseorang yang dominan. Tetapi saya ingin, saya ingin tahu bagaimana caranya menjadi seseorang yang dominan, dengan tetap menjadi diri saya sendiri. Saya ingin menjadi pemimpin bagi lingkungan sekitar saya. Karena seringkali saya memiliki gagasan-gagasan yang ingin saya sampaikan dan realisasikan untuk memberikan pengaruh yang baik kepada masyarakat, dan saya merasa tentunya hal itu hanya bisa saya lakukan ketika saya memiliki kemampuan leadership yang baik. 
Saat ini saya masih terus belajar dan belajar, supaya kelak ketika sudah memasuki dunia pasca kampus, saya tidak hanya ingin menjadi seorang staff, tapi juga ingin menjadi pemimpin yang baik bagi para anggota saya, pemimpin yang baik bagi karyawan-karyawan di bisnis saya. Mungkin bukan hal mudah bagi saya yang pleghmatis ini berubah menjadi seseorang yang dominan, itulah mengapa saya ingin mengikuti pelatihan-pelatihan kepemimpinan seperti ini, supaya saya bisa menjadi leader yang baik dengan tetap menjadi diri saya sendiri. 







PLEGMATIS:
KEKUATAN:
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai

KELEMAHAN:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak                     
* Menunda-nunda / menggantungkan masalah.


Ya kalau dilihat dari kekurangannya, emang gak cocok banget jadi pemimpin,,   -_- yang cenderung cari aman, menghindari konflik, dll dsb.. 
terus kalau gitu, saya gak bisa jadi direktur di perusahaan sendiri dong? huaaa,, bingung harus bagaimanaaa,,, di sisi lain saya pengen juga bisa vokal dan berani ngomong, tapi gak bisaaa,, -,- padahal kalo dipikir-pikir, ya elaaah cuman ngomong doang aja masa takut? tapi gimana dong yaa,, apa harus diubah?  ya sih, kayaknya harus, yaaaaah sulit memang, tapi biarlah berproses,, 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...