Selasa, 05 Agustus 2014

Zainab binti Jahsiy - Inspiration

Bismillah..
Zainab binti Jahsiy, 
Salah satu sahabat wanita sekaligus istri Rasulullah SAW yg saya kagumi dan saya sukai, 
Salah satu wanita jaman nabi yang menginspirasi, setelah Khadijah, Fatimah, Aisyah, Mariyah AlQibtiyah, dan sahabiyah lainnya di jaman itu, karena semuanya punya keunggulan masing2 yang bisa kita semua teladani..

Zainab binti Jahsiy, 
Disaat bingung-bingungnya nyari inspirasi, akhirnya dapet juga, 
dan baru sadar lagi bahwa para sahabat nabi adalah inspirasi paling nyata pantas kita teladani, mungkin karena kita kurang mengenal siapa mereka, 

Zainab binti Jahsiy,
Istri Rasulullah yang paling panjang tangannya,, 
Panjang tangan, karena beliau sangat senang mengulurkan tangannya untuk membantu orang-orang miskin..  Wanita yang zuhud terhadap nikmat dunia, dari Ibnu Sa'ad dalam kitab At-Thabaqaat "Ketika meninggal dunia, Zainab binti Jahsiy tidak meninggalkan warisan sedikitpun, meski hanya uang satu dinar, karena ia telah mensedekahkan semua hartanya terlebih dahulu. Zainab tempat berlindung bagi orang-orang miskin.."


Zainab adalah seorang pekerja kerajinan tangan. Ia menyamak kulit dan menjahitnya lalu hasilnya di sedekahkan kepada orang-orang yang memerlukan.. Setelah Rasulullah wafat, Zainab tetap konsisten menginfakkan hartanya bagi kaum papa.. 

Zainab yakin bahwa setiap Mukmin harus menanam kebaikan di dunia jika ingin menuai kenikmatan abadi di akhirat.. 

Ia bekerja keras membuat berbagai kerajinan tangan, menyulam, dan menyamak kulit, kemudian menjualnya. Uang yang diperolehnya dari penjualan karyanya itu diinfakkannya di jalan Allah.

Bahkan, tunjangan hidup yang diberikan Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Khalifah Umar bin Khatthab untuk setiap istri Rasulullah tidak sedikit pun disentuhnya. Tunjangan yang sebesar 12 dirham per bulan tersebut diinfakkan seluruhnya kepada kepada kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin.


Saat saya bingung, mau jd wanita seperti apa, sebenarnya tinggal baca aja kisah mereka, pasti deh langsung mupeng,
Saat bingung mau jadi pengusaha yang seperti apa, gabungkan aja antara khadijah dan zainab, kalau kita seorang pengusaha kerajinan tangan..
Setiap jahitan yang kita buat, setiap jari yang berdarah tertusuk jarum, setiap rupiah yang kita terima dari hasil kerajinan tangan kita, jadikan sebagai salah satu bentuk ibadah kita, jadi, gak melulu orientasinya dunia..

Dulu, gw sempet bercita2 jadi orang terkaya di dunia, tapi setelah mikir, kesini2 jadi gak minat lagi,, kenapa coba? 
Orang disebut orang terkaya, artinya dia menimbun harta kekayaannya kan, buktinya bisa dihitung.. 
Gimana klo saat meninggal harta di tangan kita masih banyak melimpah?
Gimana nanti kita ditanyanya? setiap rupiah/dinar yg kita punya tuh ditanyain satu2, pusing bree,, 

Rasulullah itu bukannya miskin, beliau kaya, tapi setiap kali punya uang, uangnya disedekahin, malahan saat masih ada emas di bawah bantal beliau, beliau ga bisa tidur sampe emasnya itu disedekahin,, 
yang penting mah ya, setiap kita mau umroh ada, tiap kita mau haji ada, tiap kita mau jihad ada, kalopun punya aset properti, wakafin aja, ya susah2 mudah sih, apalagi di jaman kayak gini, kalo dibandingin, jauh banget ya bree umat sekarang sama umat jaman dulu,, tapi yaudah yg penting mah usaha aja ya bree syemangat! :)

So, jadi pengusaha ah, perpaduan antara Khadijah dan Zainab,, :)
Syemangat! :D
Tau gak, siapa tau kalo kita ngefans sama mereka nanti bisa ketemu di Surga, atau bisa jadi alasan kita masuk Surga, cuman karena meneladani salah satu keutamaan/kebaikan mereka, Amiiin,, 
Syemangat! :D

Udahan dulu deehh,, met malem,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...