Jumat, 22 Agustus 2014

Anti Konsumtif Ala Haifa...... :D

Bismillah,,
wah ternyata udah cukup lama ya ga ngblog,
maaf ya readers,,
btw apa kabar para readers? mudah2an selalu sehat dan dalam keadaan iman yang kuat yaa :)

Postingan kali ini, saya mau ngshare nih bree,, tentang tips anti konsumtif ala haifa, hahaha..
Sebenernya saya juga masih membiasakan diri, tapi siapa tau caranya bisa dilakuin juga sama para reader yaa,, ini dari sudut pandang saya sebagai cewek alias wanita, tapi mungkin bisa juga berlaku buat para pria..



Nah, seperti yang kita tau bahwa, wanita itu hobinya BELANJA,, yup, termasuk saya, jujur saya seneng kalo ada toko yang jual obral-obralan, diskon-diskonan, dll dsb, pasti bawaannya tertarik mau liat, dan mau beli tentunya, haha,, tapi jgn sampe tertipu dengan kata diskon bree,, bahaya,
cara yang biasa saya lakukan nih paling..

1. Siapin uang di dompet pas-pasan aja, pas buat ongkos, pas buat makan, udah. Jadi kalo mau beli sesuatu kan mikir dulu tuh, aduh, kalo gue beli ini, pasti nanti ga ada sisa uang buat ongkos, terus gue ga bisa balik, atau ga bisa makan, ah gajadi lah kalo gitu belinya, NAH, berhasil,,! hehe,, mungkin bisa sih kita ngambil uang di ATM, tapi alhamdulillahnya ATM saya itu jarang ada di berbagai tempat, bisa juga sih ngambil di ATM bersama, tapi kan lumayan breh kena charge Rp5000,,, hehe.. jadi kalo bisa sih uangnya di simpen di ATM yang susah diambil, alias jarang ditemuin di mana-mana ATMnya, misal : Muamalat #eh, sori bree,, yg gw tau pertama murni syariah cuman itu, hoho

2. Sebelum beli, kita harus mikir dulu, itu penting atau gak, misal gini, kalo cw kan biasanya pasti mupeng liat baju lucu, ya gw merasakan itu sbg cw, hehe,, mupeeeeeng aja bawaannya, cuman karena lucu doang gitu, liat sih liat aja,, liat harganya, haha,, kalo harganya murah ataupun mahal, kita liat dulu itu kita butuhin sekarang atau gak? atau itu masuk anggaran bulan ini atau gak? nah, jadi tiap liat baju atau sesuatu yang lucu yang bikin mupeng, langsung deh bilang dalam hati, GAK ADA ANGGARAN BELI BAJU UNTUK BULAN INI, jadilah,, langsung beralih perhatian ke yang lain, hehe

Mungkin tips ini belum bisa berlaku buat beli makanan bre, karena kalo saya sih, soal makanan, lebih mau mencoba hal baru dan rasa baru, ya kalau emang lagi laper terus ada makanan yang belum pernah saya coba, ya saya beli, tapi kalo lg laper, kalo udah kenyang sih ya gak, cara buat menahan konsumtif terhadap makanan mah, kenyang aja bre, kalo cw sih gampang aja, alasannya takut gemuk, nanti kalo gemuk jadi jelek, dll dsb, ya gitu,,

cuman ya itu tadi, yg paling susah adalah ketika kita melihat sesuatu yang lucu, seperti aksesoris, fashion, gadget, sepatu, tas, dll..
kalo untuk urusan itu, saya paling cuman bilang dalam hati "Aah di rumah masih ada sepatu, masih ada gadget, masih ada baju, masih ada tas yang bisa dipake, dan masih bagus, nanti kalau udah sobek atau jelek dan gak layak dipakai, baru deh beli baru",, hehe,, gitu bree biasanya,,

Oh iya, dan satu lagi, kalau bisa, jauhin bgt KARTU KREDIT, itu bahaya, mereka sang pemberi pinjaman kredit itu, memberikan kredit pinjaman kepada kita untuk membeli barang mereka sendiri dan tentu bunganya tinggi,, ahh, jangan mau terjebak dengan ini bree,, bikin sulit rumah tangga nanti, hehe,, dan jangan mau terima pinjaman apapun dari bank, lebih baik kalau mepeeet bgt butuh uang, jual aja harta atau barang yg ada di rumah, atau pinjem ke sodara, itu lebih aman.. aman dunia akhirat Insha Allah,

Sebenernya urusan konsumtif ini tu bukan perkara pada saat kita lagi punya kantong mahasiswa aja, alias kantong tipis, pun ketika misal suatu saat nanti kita jadi orang kaya yg kantongnya tebel (Amin), kita harus tetep jaga diri buat gak konsumtif, kenapa coba? karena,, kalau kita mengerti makna mencari uang halal itu, SULIT ya SULIT BANGET, jadi ketika kita punya uang dari jerih payah kita yg halal, maka gunakan uang itu untuk yg bener2 manfaat, untuk beli hal yg bener2 dibutuhkan,, kan nanti kita juga diminta pertanggungjawaban harta kita dipakai buat apa, nah, kalau kita konsumtif, khawatir barang itu bukan sesuatu yg kita butuhkan, akhirnya gak kepake, dan jadi mubazir, hayoh loh,,

So, sama2 kita belajar dan membiasakan diri ya bre, buat lebih bijak dalam masalah keuangan,, :)
Itu aja bre yg mau saya posting kali ini,,
makasiiiiih,,, mudah2an ada manfaatnya,, :D
See U at next post,,

1 komentar:

  1. Hai, Anda yang dari kelas aksel itu ya? Tulisan yang bagus. Mungkin kamu tertarik untuk membaca Das Kapital for Beginner by Arif Rahman, Time of your life by Professor Rando Kim di gramedia depan BIP ada kok, deket kan dari ITB. Bukunya bagus dan menginspirasi untuk masalah perilaku konsumtif. Kalo boleh nambahin satu tips yang saya ambil dari sharing Pakde Li Ka-Shing: Saat muda, lebih baik belanjakan uang develop skill kita, bisa skill bahasa (dengan ikut kursus, beli buku, dll), skill masak (buat yang bakalan jadi istri, ini tips yang baik untuk memikat hati suami biar betah makan di rumah hehe), bisnis, wirausaha (well, memang mendingan wanita kalo mau kerja ini opsi yang bagus, njalani bussiness dari rumah sembari mengurus anak di rumah). In summary i would say: invest in good things; invest in The Future by developing our skill. Dengan begitu inshaaAllah kan bisa beli lebih banyak lagi hal-hal yang kita pengen (gadget, sepatu, tas yg bermerk dll) kalo udah sukses dan berduit. Stay awesome, Haifa!

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...