Senin, 12 Maret 2012

Bisnis Memanfaatkan Potensi Lokal


Bisnis Memanfaatkan Potensi Lokal
“Sumber daya tidak akan bermanfaat jika tidak diolah”

            Indonesia merupakan negara kaya dengan berbagai potensi dan keragaman yang ada pada setiap daerahnya. Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya tetapi juga kaya akan sumber daya manusianya yang secara kuantitatif berhasil menduduki peringkat 5 besar dunia. Indonesia memiliki potensi luar biasa, dengan hasil lautnya saja Indonesia mampu menyejahterakan semua penduduknya, jika hasil laut tersebut diolah dengan baik dan maksimal. Belum ditambah dengan sumber daya alam lain seperti tambang, batu bara, minyak bumi, gas alam, dan juga keanekaragaman hayatinya yang berada di tingkat 2 dunia. Indonesia negeri yang kaya!

Namun, kekayaan dan segala potensi yang luar biasa tersebut belum dapat membuat kehidupan bangsa ini sejahtera. Sumber daya bangsa ini belum bisa diolah dengan sebaik-baiknya. Kita belum mampu mengolah dan memanfaatkan sumber daya  kita sendiri. Padahal jumlah SDM kita sangat banyak dan sangat berpotensi jika diberdayakan. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia juga sangat penting untuk kemandirian bangsa ini ke depannya. Hal ini dapat terwujud seiring dengan diadakannya pelatihan-pelatihan untuk masyarakat dalam program bisnis yang kita laksanakan. Sumber daya tidak akan bisa bermanfaat jika tidak diolah. Perlu orang-orang yang berpotensi dan memilki kompetensi yang dapat mengolahnya.

Salah satu faktor suatu negara disebut sebagai negara maju adalah ketika jumlah pendapatan per kapita dan tingkat kemandirian masyarakatnya tinggi. Pemerintah Indonesia belum bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk seluruh penduduknya. Sehingga pada kondisi saat ini, pengusaha yang seharusnya dapat mengatasi masalah bangsa yang satu ini. Adanya keragaman dan berbagai potensi di setiap daerah di Indonesia merupakan suatu peluang untuk menjalankan siklus ekonomi di dalam negeri kita sendiri. Mengolah sumber daya yang sudah ada menjadi barang atau produk yang bisa bermanfaat, baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dalam segi ekonomi, sosial, maupun kondisi perekonomian bangsa ini dalam meningkatkan devisa negara dengan melakukan ekspor. Kemandirian masyarakan akan meningkat seiring terbukanya lapangan pekerjaan di berbagai sektor bisnis, seperti pariwisata, kuliner, transportasi, industri kerajinan, dll. Banyak potensi alam yang bisa dimanfaatkan dan diolah oleh tangan kita sendiri.

Masih banyak potensi lain dari bangsa ini yang belum diketahui masyarakat luas. Pada sektor pariwisata, turis mancanegara hanya mengenal Bali. Padahal masih banyak pulau-pulau di Indonesia ini yang keindahan alamnya sama atau jauh lebih indah daripada Bali, hanya saja belum terekspose. Inilah peluang kita untuk memperkenalkan daerah-daerah wisata yang lebih menarik dari daerah wisata yang sudah ada. Begitu juga dengan keberadaan suku-suku pedalaman Indonesia yang masih tetap memegang tradisi leluhurnya yang dapat dijadikan sebagai sarana wisata budaya.            

Peluang berbisnis dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sangatlah besar. Asal kita punya keinginan, kreatifitas dan integritas untuk bisa memulai dan menjalaninya. Mempunyai komitmen untuk memajukan bangsa ini dan meningkatkan kemampuan masyarakatnya agar lebih mandiri. Tidak hanya sekedar untuk mencari keuntungan pribadi, sudah seharusnya seorang pengusaha memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitarnya. Indonesia masih butuh sekitar 18% dari seluruh penduduknya untuk menjadi seorang pengusaha. Indonesia butuh banyak orang yang kompeten di bidangnya untuk dapat mengolah sumber daya alam bangsa ini. Indonesia memiliki banyak persediaan orang-orang pintar. Salah satunya adalah mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Sudah seharusnya kita bepikir untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri, dengan kompetensi akademik yang kita miliki, kita dapat mengolah bumi ini dengan ilmu yang sudah diperoleh. Jangan lagi berpikir untuk mencari pekerjaan dengan bekerja pada orang lain yang telah mengambil hak kekayaan bangsa ini. Mulailah berpikir dan fokus untuk mendalami ilmu yang sedang kita jalani. Karena segala ilmu dapat diterapkan untuk membangun negeri. Berbagai ilmu dapat diterapkan di Indonesia. Ilmu pertanian, perikanan, peternakan, kelautan, kebumian, kehutanan, keanekaragaman hayati, teknologi, seni, sastra, bahasa, budaya, dll semuanya dapat kita manfaatkan untuk memajukan bangsa ini. Berbeda dengan negara di Eropa sana yang tidak memiliki laut, sehingga mereka tidak memiliki sumber daya kelautan. Tugas kita untuk bisa mengolah hasil laut dan meningkatkan kualitas produksinya tanpa ada kegiatan yang merusak lingkungan agar dapat dikonsumsi oleh kita sendiri. Serta melakukan ekspor ke berbagai negara untuk meningkatkan devisa.

            Sebagai manusia kita juga memilki peran untuk bisa memimpin, menjadi seorang khalifah di muka bumi ini. Khususnya kita seorang muslim disuruh untuk dapat mengelola bumi dan seisinya ini agar dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Sudah kewajiban kita untuk bisa memberdayakan dan mengolah semua sumber daya yang telah Allah karuniakan kepada kita dengan segala ilmu yang kita miliki. Sebagai bukti ketaatan kita sebagai seorang muslim, kita berusaha untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, sehingga ke depannya dapat menyejahterakan kehidupan semua umat manusia, tidak hanya dalam batasan bangsa tapi juga bumi ini dan segala isinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...