Selasa, 30 Desember 2014

Mitos Budaya Gadis Sunda yg masih single

Tanpa bermaksud rasis kesukuan atau apapun,,
saya cuma mau ngshare sedikit aja nih tentang mitos budaya gadis sunda yang saya tau dan saya alami sendiri di lingkungan keluarga, kkkk,, mudah2an tetap ada hikmahnya yaa,,

kadang saya juga suka bingung, apakah harus percaya sama mitos ini atau gak, dan harus gimana? masalahnya yang suka marahin saya itu orang-orang tua, yaudah deh saya manut aja,, kkk

pertama, misal kalo seorang gadis itu bersih2 rumah, itu harus bersih,, kalo nyapu itu yang bersih! ga boleh ada sisa2 kotoran, nanti kalo ga bersih, suaminya brewokan! nah loh,, coba km bayangin kalo lagi nyapu terus dibilang kayak gitu, apa yang akan km lakuin? kalo saya, langsung deh, saya sapuin lagi lantai yang masih belum bersih,, atau dengan bahasa lain yang lebih baik, nyapunya yang bersih ya! biar suaminya cakep! weeeeew yang ini saya lebih setuju dan bisa bikin semangat nyapu meningkat,, :P

walaupun saya jg ga ngerti apakah para gadis sunda itu pada gak suka cowok brewokan atau gmn? sehingga sampe dibilang kayak gitu,, hehe, tapi emang bener sih, rata2 gadis sunda itu sukanya yang limit2 alias mulus, mungkin kalo brewokan itu kesannya sangar dan menyeramkan, sedangkan yang nggak itu terkesan lebih lembut,, kkkk,,

kedua, kalau makan harus dihabiskan dulu! ga boleh di tunda! nanti suaminya diambil orang..
alamaaaaaaaaaak!!! saya pernah digituin sama orang tua alias temennya mamah saya, ceritanya saya lagi makan, terus ada kerjaan lain, yaudah saya tunda dulu makannya, eh malah dibilangin gitu..! ga jadi deh saya ngerjain kerjaannya, jadi saya abisin dulu itu makanan,, hhe

padahal kalo dipikir, apa hubungannya makanan sama suami diambil orang? tapi karena yang bilang itu orang tua dan daripada nanti jadi doa yang jelek, mending saya turutin aja dah apa katanya,,

ketiga, kalo soal ini mah udah sering, jangan duduk di depan pintu nanti jauh jodoh! duh ini lagi, apa hubungannya pintu sama jodoh? padahal sih bilang aja takut menghalangi orang jalan,, dan kenapa gitu harus dikait2in dengan jodoh? sebel deh,, -_-

banyak sih sebenernya mitos2 kayak gitu, buat para gadis sunda pasti aja dikaitinnya sama jodoh, tapi mungkin baiknya ini bisa bikin budaya para gadis sunda itu kalo beberes rumah pasti bersih,, kalo makan pasti habis, dan gak suka duduk di depan pintu, sopan, lembut, hehe,,

saya sendiri gak tau nih, apakah nanti budaya kayak gini bakal nurun ke anak cucu atau gak, abisnya saya bingung, tapi yang jelas mah mending pake aja istilah langsung, gausah pake dibilang nanti suaminya diambil orang atau jauh jodoh, dll dsb,, aduh!

tujuannya sih pasti bagus ya, biar kalo kerja yang bener, biar bisa menghargai makanan, biar lebih sopan dan lembut, dll dsb, tapi yaudah laaaah, jangan nakut2in juga, hehe,,

jadi, setelah baca ini, kalo nyapu harus bersih ya, biar suaminya cakep!
kalo makan, habisin dulu makanannya, biar suaminya setia!
kalo duduk di kursi, jangan di pintu, ngalangin orang tau!
dll dsb, lebih kepada memberi motivasi gitu laaaah, daripada nakut2in mah,, hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...