Senin, 05 Mei 2014

Mental Mahasiswa yang Sedang TA

Bismillah..
Ada saatnya, dimana para mahasiswa akan merasakan susah sesusah susahnya, sendiri sesendiri dirinya, galau segalau galaunya #lebay

Mungkin buat yg belum jd mahasiswa tingkat akhir, gak akan pernah ngerti rasa yg sebenarnya terjadi, karena itu,, bersiap-siaplah mengahadapi masa akhir kuliah.. :D

In my Feeling, Just In My Opinion,
setiap orang punya rasanya masing2, tapi inilah yg saya rasakan..





Hari demi hari, detik demi detik, deadline pengumpulan abstrak untuk pendaftaran seminar semakin dekat, tetapi progress penelitian, nihil? yang saya rasakan adalah lesu, lemah, lunglai, dan tidak bersemangat. Meski sebenarnya timeline pengerjaan TA sudah dirancang sedemikian rupa, sudah ditargetkan tanggal segini harus udah ini, tanggal segitu harus udah itu, tapi tetap saja, manusia hanya bisa berencana, ada aja faktor Y yg mempengaruhi rencana itu menjadi tidak sesuai harapan. Sementara waktu sudah semakin mepet, apa lg yg harus dilakukan?

Mencoba menyusun rencana baru demi rencana baru, menyusun strategi untuk lulus Juli.. strategi H-20 target meleset, H-10 hari merancang ulang, meleset juga, H-7 demikian, sampai saat ini H-4 deadline pengumpulan abstrak penelitian.. ketika semua rencana yg disusun meleset dari target yg dirasakan adalah hampir putus harapan untuk lulus Juli,, Hampir,, lesu, lunglai ketika target untuk pinjem alat dan bahan kimia hari itu tidak jadi, karena dosen pembimbingnya sudah pulang -_- ,

letih, capek, lupa makan, saat bolak-balik minta tanda tangan dosen untuk pinjem lab, tapi dosennya gak ada-ada.. dan banyak lagi.. sampai ada suatu hari dimana saya sama sekali gak ngurusin soal TA, karena males dan bete.. saat2 lagi males itu saya suka mencari-cari alasan untuk kembali membuat diri semangat dan termotivasi, tapiii,, ternyata motivasi dari dalam saja tidak cukup, harus terus dapet dukungan dari luar juga..
jika saja, saat saya malas itu ada yang bilang..

"Haifa..! kamu harus semangat! kamu harus lulus Juli, nanti kalau km lulus Juli, saya yang jadi PW (pendamping wisuda) nya ya, itu kalau km mau, nanti saya minta ijin ke papa kamu, semangat Haifa..!"

mungkin seketika itu semangat saya akan langsung membara- kalo api, warnanya jadi biru, saking panasnya, hehe

aduh tp ga boleh ya,, harusnya kita semangatnya karena Allah aja,, tapi iseng aja berpikir kayak gitu, hanya berasumsi, padahal nyatanya sih ga ada yg bilang gitu ke saya, haha kadang saya bingung mau memotivasi diri kaya gmn lg, bukan hal yg mudah, ya susah2 gampang.. jadi lah saya suka melakukan berbagai cara dan mencari berbagai alasan untuk bisa semangat,

apalah kesulitan TA tuh bener2 ujian mental banget, ujian sabar, ujian iman, ujian fisik, dll..
gak heran denger berita mahasiswa bunuh diri karena TA gak kelar-kelar, bahkan ada mahasiswa yang mengundurkan diri karena TA gak kelar, sayang banget yak, udah di akhir, tapi karena TA gak kelar jd keluar.. itulah.. susah sih emang, kalo ditanya TA gmn, saya jawabnya susah, tapi tergantung jalaninnya.. harus kuat-kuatin mental, harus maksain diri, kalo gak, ya gak kelar-kelar.. dan tentunya harus terus perbanyak ibadah dan PDKT sama Allah,




yah,, itulah,, sekarang udah H-4, masih mengusahakan untuk menyelesaikan penelitian supaya beres dan bisa ikut seminar.. wallahu'alam bisa mencapai target atau gak, strategi tetap dibuat dengan harapan sesuai dengan kenyataan, tapi.. banyak faktor banget yg mempengaruhi, apalagi saya TAnya tentang makhluk hidup, pertumbuhan makhluk hidup yang sama sekali diluar kendali manusia,, yap tetap harapan untuk lulus Juli itu masih ada, karena dalam 4 hari ke depan kita gak tau apa yg akan terjadi, mungkin deadline seminar diundur, mungkin pertumbuhannya bisa lebih cepat, wallahu'alam.. serahkan aja sama Allah.. ketika kita udah berusaha mencoba dengan usaha terbaik yg bisa kita lakukan, apalagi kalau bukan tawakkal setelahnya?

Hanya, yang perlu kita yakini bahwa Allah pasti punya rencana indah buat makhlukNya, meski saya menargetkan lulus Juli dan Allah ternyata memberikan kesempatan itu, ya Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah, hanya karena Allah saya bisa lulus..

tapi apakah mental kita akan siap menerima hasil yang tidak sesuai? kita juga harus mempersiapkan mental untuk menghadapi sesuatu yang tidak kita harapkan, bukan kegagalan, melainkan penundaan ataupun penggantian harapan yang bisa jadi jauh lebih indah dari yang diharapkan, yakin aja, selow aja, dunia gak akan kiamat kok, gak ada hadisnya atau ayat Qurannya, tidak akan terjadi kiamat sebelum Haifa tidak lulus Juli, yang ada juga sebelum bulan terbelah keleees,, hehe

yap! semangat.. saya pernah baca suatu tulisan yg bilang bahwa, orang yang suka memberi semangat sesungguhnya adalah orang yang paling butuh semangat, itu benar, benar apa yg saya rasakan,, why? karena dengan begitu, saya bisa menyemangati diri sendiri, syukur2 bisa menulari orang lain juga,, hehe,,

Dear Reader, mohon doanya aja yg terbaik, harapan itu tentu masih ada, sangat masih, dan masih akan tetap saya usahakan, bukan karena saya mau menikah, bukan, boro2 ada yg bilang gitu, ah itu hanya khayalan,, hehe,, banyak alasan yang mendorong saya untuk lulus cepet, mungkin salah satunya nikah sih, hehe tapi itu bukan yg utama,,

yasudah, mohon doa restunya aja #eh buat TA maksudnya,, kalau bisa lulus Juli 2014 Alhamdulillah, kalaupun ternyata Allah menunda sampai Oktober 2014, Insya Allah ada hikmah dan kebaikan dari itu semua,, :)

Semangat! (pake gaya Han Ji Eun di Film Full House, hehe ada yg suka nonton?)


1 komentar:

  1. Ayo ka Haifaa! semangaat~!
    Udah sampai dimana TAnya ka?

    Btw, kemarin jadi ke Wakatobi ka? gimana, seru?

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...