Rabu, 26 Maret 2014

ShortStory - Perjalanan merangkai mimpi dalam Bisnis (1)

Benar, tidak ada satu pun mimpi yang bisa diwujudkan dengan cara yang mudah dan tempo yg singkat..
kalau jalan yg dipilih benar, pasti jalannya panjaaang, dan banyak lubang, polisi tidur bahkan pohon tumbang..

Tepatnya saya kurang tahu, dari kecil yang saya ingat, saya seneng aja jual barang-barang yang ada ke temen-temen, dulu pas jaman SD kan masih jaman orji-orjian tu, inget ga? hhe ya jualan itu, sama gambar-gambar yang bisa diwarnain sama anak-anak SD,, iseng aja tapi seneng, uangnya bisa dipake buat jajan sendiri, soalnya dulu waktu kecil klo minta jajan ke orang tua suka gak dikasih, #curhat hehe

Dan akhirnya mungkin kebawa sampe sekarang, kalo dibilang bakat, kayaknya gak deh, ga ada turunan pengusaha soalnya, mungkin karena kondisi lingkungan aja yg bikin saya iseng-iseng jualan..

Itu Flashback bertahun-tahun yang lalu,,
Tentang sejak kapan pengen mulai serius usaha, sebenernya udah muncul saat awal masuk kuliah,,
Di Kampus, udah sering diadain seminar-seminar ttg entrepreneur gitu dan biasanya saya ikut..
dari situ makin-makin deh pengen cepet bisa mandiri selagi masih kuliah, gak perlu lagi nunggu kiriman uang dari orang tua, bahkan kalo bisa ngasih,

Mulai dari seminar-seminar gitu, saya mikir, mau jualan apa yaaa kira-kira, akhirnya di tahun pertama, saya nyoba jualan kecil-kecilan, kebetulan waktu pas tingkat 1, kuliahnya masih banyak yang jam 7, jadi saya jualan roti ciwawa buat sarapan, yang setiap jam setengah 7 harus diambil di gerbang depan, margin untungnya gak terlalu besar, dan saya harus minimal beli 20 bungkus (kalo ga salah), juga harus dibayar di muka. Pernah suatu hari itu roti gak abis-abis, saya bingung, soalnya roti itu cuma tahan max 3 hari, bentuknya juga udah ga bagus lagi, penyet-penyet, untungnya jualan makanan adalah kalo gak habis bisa dimakan sendiri, tapi karena roti masih banyak, akhirnya saya gak beli nasi buat makan, supaya rotinya habis dan juga karena untung jualan roti belum ada, malah rugi..

Kalo jualan pulsa juga udah pernah nyoba dari dulu, tapi kadang saya kapok, banyak yang ngutang, alhasil modalnya gak muter-muter alias mandek karena pada susah ketemu dan susah bayar, jd sampai sekarang klo jualan pulsa, saya cuma jual ke yg kira2 bayarnya gampang aja, hehe..

Pernah juga jualan minum botolan, aqua yg 600 ml, saya mikir di kelas udah banyak yang jualan gorengan, tapi kadang2 temen2 suka pada minta minum, akhirnya kepikiran lah buat jual minum,,
jualan minum untungnya dikiiit, per botol ga nyampe seribu, paling banyak pernah bawa sampe 5 botol lebih, lumayan euy berat, tapi waktu itu saya cuma eksperimen ide aja, ide yg muncul saya coba lakukan, yang sederhana-sederhana, waktu itu pengen siiih dapet untung gede, tapi biar deh meski untungnya masih kecil, yang penting halal, dan bersyukur aja dengan berapapun hasil yang didapat, meski ga banyak nominal rupiahnya tapi dari hasil keringat sendiri, rasanya ada pengalaman batin yang tak ternilai, hehe..



Naaah, memasuki tingkat kedua, saya mulai mikir untuk mencari komunitas-komunitas pengusaha di kampus, seenggaknya supaya saya tau info2 ttg kewirausahaan dan jalin networking sama senior2 dan alumni yg udh punya usaha, jadi lah saya masuk ke Kabinet KM ITB sebagai staff kewirausahaan, dan kebetulan ada program Sekolah Pengusaha Muda ITB, daftar lah saya disituu, dengan ikut SPM ini saya dapet banyaaak bgt ilmu bisnis, yang semakin membuat saya pengen bener2 punya bisnis beneran.. setiap selasa bada Isya sampai jam 10 mlm agenda rutinnya saya coba untuk komitmen ngikutin, dan alhamdulillah kalo ga salah saya masuk terus, meski sering telat sih, hehe,, pernah suatu hari, di pertemuan ke sekian, yang dateng hanya beberapa orang dan saya cewek sendiri, glek! udah mah peserta ceweknya bisa dihitung jari, terus saya mlm2 cw sendiri d ruangan itu, gak nyaman sebenernyaa,, rasanya pengen pulang lagi aja da, tapi gimana, udah kepalang dateng,, akhirnya sy ttp ikutin kelasnya tapi ijin dluan jam 10, walau waktu itu materinya blm selesai,,

Setelah SPM berakhir, kan ada projectnya tuh, buat jalanin bisnis dengan modal 1,5 jt per kelompok, dan harus dibalikin lg modalnya, waktu itu kelompok saya mau jualan tas, tp sampe hari ini usahanya gak jalan, haha, karena kesibukan masing2 anggota kelompok, memang agak susah sih, kadang ketika udah tahu ilmunya, kemudian mau mengeksekusi, saya sering merasa stak,, gak berani melangkah dan takut, jadilah ga jalan-jalan,, tp hikmahnya saya coba ambil bahwa untuk action dalam bisnis memang butuh keberanian, dan memang harus siapin mental entrepreneurnya dlu, biarlah mungkin masih butuh waktu untuk menghilangkan rasa takut dan menyiapkan mental yang lebih baik.. tapi suatu saat nanti saya harus bener2 bisnis beneran..

To Be Continued.. :) to part#2
I Just Want To Share, dan memberitahu bahwa memilih untuk menjadi seorang pengusaha adalah pilihan untuk berjalan di jalan yang panjang, butuh proses, waktu, perjalanan, pikiran, ilmu dan pengalaman, ada yg bilang sukses itu soal jam terbang, semakin cepat kita memulai, semakin banyak jam terbang alias pengalaman, semakin banyak ilmu dan kita bisa jadi ahli di bidang itu,

jadi, mungkin pesan dari short story 1 ini, memulai lah segera, dari hal kecil, mulai pelajari ilmunya, mulai kenali mindset tentang entrepreneurshipnya, mulai kenali juga sifat-sifat seorang entrepreneur seperti apa, bahkan lebih bagus, mulai berjualan meski dengan cara yang sederhana, karena ilmu yang didapat dari pengalaman lebih bagus dari ilmu yang dibaca dari buku tentunyaaa,

sekian kawan, semoga bermanfaat ya,, :)
sampai jumpa di part 2,, hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...