Selasa, 18 Maret 2014

Menghargai Diri dan Memberi Arti melalui Fashion - For PASSHION

Intro : Bazar buku beberapa hari lalu mempertemukan saya dengan sebuah buku berjudul PASSHION!, yang ditulis oleh designer muslim Ria Miranda, yang menarik dari buku ini dan membuat saya jadi beli adalah, adanya voucher gratis untuk ikut kursus sekolah fashion di ESMOD Jakarta selama 1 bulan, karena penasaran, saya pengen coba ikut seleksinya,, mudah2an termasuk yang lolos, dan salah satu berkasnya saya harus menulis esai tentang How Fashion Can Change Your Life and Your Circle, dan inilah esainya,, 



Menghargai Diri dan Memberi Arti melalui Fashion

Fashion merupakan hal yang special saya senangi sejak lama. Saya pernah bermimpi untuk memiliki butik dan menjadi seorang fashion designer, tetapi saya belum menemukan jalan untuk menuju kesana, saya belum pernah belajar menjahit ataupun belajar tentang fashion sebelumnya, yang selama ini saya lakukan yaitu melihat-lihat trend fashion di majalah-majalah, dan di blog para fashion blogger. Seringkali terbersit sebuah ide yang sepertinya menarik kalau bisa diwujudkan. Tetapi ide tersebut hanya baru bisa mencapai sketsa, belum bisa diwujudkan menjadi wujud pakaian yang nyata.

Sampai akhirnya suatu hari saya ke pameran buku dan menemukan buku PASSHION ini, satu hal yang menarik bagi saya adalah ketika ada kesempatan untuk mengikuti kursus singkat fashion gratis di Esmod, langsung timbul hasrat ingin membeli, meski ternyata setelah saya baca isi bukunya, sangat membuat saya terinspirasi dan kembali menimbulkan gelora semangat untuk menjadi seorang fashion designer. Meski saya menyadari bahwa ada jalan yang panjang dan berliku yang harus dilalui, untuk itulah saya ingin mencoba memulainya sedini mungkin.

Fashion bagi saya pribadi adalah cara saya untuk menghargai diri sendiri, dengan berpenampilan menarik dan indah namun tetap sesuai syariat saya bisa menunjukkan bahwa sorang muslimah juga menyukai keindahan dan fashionable. Adapun jika saya berkesempatan untuk mengikuti kursus singkat ini, itu akan membuat penampilan saya lebih baik, dan lebih menghargai diri saya dengan berpenampilan sesuai, karena setiap wanita adalah cantik, tetapi terkadang sebagian dari mereka kurang menghargai kecantikan dan keindahan dirinya dengan kurang memperhatikan penampilan, termasuk saya saat ini. Dengan mengetahui mengapa fashion itu penting, saya akan menjadi lebih baik dari segi penampilan, dan juga saya bisa melatih kreativitas dan mengembangkan kemampuan di bidang yang lain di luar bidang yang saya tekuni selama ini. Bidang yang saya tekuni saat ini bukanlah passion saya, karena itu saya ingin mengejar hal yang dapat membuat saya berlama-lama dan betah melihat-lihat blog para fashion designer dan majalah.

Sekitar 2 minggu lalu, saya mengikuti roadshow New Designer dari Scarf Magazine, salah satu pembicaranya adalah Mba Temi Sumarlin, Ghaida Tsurayya dan Kami Idea. Beliau mengatakan bahwa peluang untuk bisnis fashion di Indonesia ini sangat terbuka lebar, tetapi pemainnya masih sedikit dan sangat jarang muncul designer-designer baru, ditambah lagi, dunia fashion Indonesia memiliki visi untuk membuat Indonesia sebagai kiblat Fashion Muslim Dunia 2025. Tetapi kalau pemainnya masih sedikit bagaimana bisa mewujudkan visi tersebut?


Pernyataan itu membuat saya tergugah kembali untuk benar-benar mendalami dunia fashion dan menjadi pemain di dalamnya. Apa yang bisa dilakukan selagi usia masih muda, saya akan mencoba untuk melakukannya. Inilah salah satu jalan untuk bisa memberikan arti ataupun manfaat bagi lingkungan dan juga bangsa ini dengan berkarya melalui fashion. Saya membayangkan, alangkah senang jika orang lain menjadi percaya diri dan semangat ketika menggunakan pakaian hasil rancangan saya, dan semangat itu yang akan mempengaruhi hari-hari mereka. J    

Pada dasarnya, saya hanya menyukai hal-hal yang baru, ketika saya melihat ada kesempatan untuk melakukan hal baru, maka saya akan coba melakukannya meski hanya iseng atau serius, tapi yang ini serius, kalaupun ternyata dari hasil coba-coba itu saya tidak diterima, gak masalah, artinya Allah memang tidak atau belum menakdirkan saya di bidang itu, :) 

2 komentar:

  1. artikel agan sangat mudah dipahami makasih atas apreasi dalam menulis postingan yang baik dan benar semoga jadi amal ibadah buat agan :D

    yo dari Tutorial Blogger | SEO

    BalasHapus
  2. Amiin,, terimakasih semoga manfaat, keep in read and invite my blog yaa,, :D

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...