Minggu, 16 Maret 2014

Tes Pendahuluan Kerja di PT Paragon Technology Innovation


Dear All, My blog reader hehe, makasiiih pisan udah mau sempet2nya baca blog saya, mudah2an ada manfaatnya yaaa..

Saya mau sedikit cerita nih tentang hari ini yang seru dan banyak ilmu Insya Allah,
Mulai dari pagi tadi sempet ngecharge hati dulu dengan ikut mentoring, huaaaa, senangnyaaa..
abis itu ke pasar simpang buat beli bahan danusan besok, aaaah senangnya juga ada pesenan, Alhamdulillah,,

Tapi yg pengen saya share banget sekarang adalah,,
ya ya ya! saya ikut seminar, workshop dan tes pendahuluan kerja PT-Paragon,,,
hooo? kenapa fa? bukannya lo mau jd pengusaha? kenapa mau ikut tes pendahuluan kerja dan jadi karyawan dsana?

tunggu breee,, justru inilah yg pengen saya share, kalo dibilang iseng ya si emang iseng, tapi bukan sekedar iseng, ada niat-niat yang terbersit di hari saat ikut tes ini,, cekit out bree,,

pertama, saya pengen tau aja tes pedahuluan kerja itu kayak gimana, ternyataaaa tes psikotes -_- sama wawancara, tapi seru sih, tetep ada hal baru dari situ,, wawancara tertulis dan dapet souvenir+produk wardah, hehe

kedua, mumpung saya belum lulus, jadi saya masih bisa nih nyari2 tempat kerja, meski setelah lulus nanti udah ga mau nyari kerja lagi dan juga hati pengennya wirausaha aja, tapiii org tua katanya pengen saya kerja dulu setahun dua tahun, jadi ya sudah saya coba aja, mudah2an diterima dan lolos, Amiiin,, jadi nanti pas lulus udah bisa langsung masuk kerja dan sambil tetep merintis bisnis juga, seru deh kayaknyaaa,, :D

Terus, kenapa sih pilihnya PT Paragon? paragon teh salah satu produknya adalah wardah cosmetics broo,, yang punya alumni ITB juga, dan setelah nyimak seminar dan presentasi dari GMnya, waaaah kayaknya lingkungan kerjanya kondusif dan islami,, inilah yg jadi pertimbangan buat nyoba masuk kesana, karenaaa walau bagaimana pun lingkungan itu pentiiiing banget buat diri kita,, meski seperti biasaa laaah ortu nyuruhnya masuk ke pertamina, eeeet,, kalo masuk sana pasti syarat IPK harus gede, belum lagi lingkungan yg mungkin kebanyakan cowo2, aduh gak mau ah, apalagi kalo ke lapangan, ga mau juga, capek, mending di kantor aja,, emang sih gajinya gedeee,, ya kalo mau penghasilan lebih gede mah teteeep sambil bisnis, hehe

Dan kenapa juga sih mau nyoba kerja? saya pengen bangeeeeet belajar dan dapet ilmunya breee,, ya mungkin setahun dua tahun aja cukup untuk menimba ilmu dan pengalaman kerja, saya jg harus ngerasain jd karyawan dulu seenggaknya, sebelum jadi bos, hehe Amiiin,,

Soal tesnya tadi gak susah kok, cuman pas soal bagian angka-angka dan hitungan, hadeeuuuh, nyerah deh, ngasal itu mah, ga ngasal banget sih, soalnya pola-pola angka itu bikin pusing banget, jadi cuman diisi sebisanya,,

Terus pas ditanya mau di posisi apa, saya jawabnya Product development, Brand Development sama Finance, hahaha nekat parah, samasekali ga ada backround di bidang itu, tapi ya namanya juga mau belajar, kalau dikasih kesempatan ada di posisi itu alhamdulillah, kalau pun enggak ya gpp, berarti saya emang gak cocok dan gak dibutuhin disitu,,  saya juga ngisi area penempatannya daerah jakarta aja, lebih deket ke Bogor, tapi kalo emang diterima, saya gak mau bolak balik Bogor Jakarta, capeeeek, apalagi saya cewek, kegencet-gencet di kereta, aduuuuh, cukup deh pengalaman bolak baik Jakarta Bogor malem2, kereta penuh, berdiri sepanjang perjalanan, mending ngkost aja deh, pulangnya tiap week end, lebih irit ongkos dan energi juga kaaaan, haha, itu kalo kondisi belum married sih, kalo udah beda urusan lagi, wkwk,,

naaaah yang menarik di pertanyaan terakhir adalah, berapa gaji yang anda harapkan ketika diterima ? haha, ini nih yg paling sensitif, anak ITB biasanya langsung minta tinggiii,,, kalo saya tadi cuman jawab, "soal gaji saya percayakan sepenuhnya kepada perusahaan sesuai dengan standar posisi yang saya tempati, ada pun jika gaji lebih tinggi itu karena prestasi kerja yang sudah dilakukan, tapi setahu saya gaji untuk fresh graduate sekitar 3-5 juta, dapet 5 juta aja udah alhamdulillah.. "

haha, begitulah saya jawab dengan apa adanya, dengan sejujur2nya, saya gak tau 5 juta itu terlalu kecil atau terlalu besar, tapi itu masih lebih gede dari PNS yang cuman 2,1 juta, hehe
harapannya mah bisa lolos dan diterima,, karena itu tadi, mau belajar dan nurutin orang tua suruh kerja dulu,, ya mudah2an pas lulus bisa langusng kerja sih, jadi ga ada jeda nganggur,, tapi teteeeep selama kerja, tetep merintis bisnis, karena mau gak mau, tetep harus mandiri finansial,, jadi investor aja lah kalo bisa, saya yg ngajuin ide, bantuin bikin sistemnya dan kasih modalnya, biar orang lain yg jalanin, saya tinggal terima bagi hasilnya, hehehe,, asik banget kayaknya,,

4 komentar:

  1. hallo, thanks sudah sharing cerita :D
    mau tanya, itu kamu tes di paragon hanya 1 tahap tertulis atau tes tertulisnya ada beberapa tahap?

    kemudian, dari jarak tes sampai ke pengumuman berapa lama ya? trims

    BalasHapus
  2. Cara jd spg wardah gmn y?? Saya sudah taro lamaran lum ada panggilan sampai sekrang.

    BalasHapus
  3. Mkasih infonya, alhamdulillah dari tes 1 jarak 2 minggu saya dapat panggilan untuk mengikuti tes kedua di kantor PTI cimuncang bandung

    BalasHapus
  4. Sekarang masih kerja ga di situ kak?

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...