Jumat, 29 Mei 2015

Seleksi Beasiswa Magister Management Prasetiya Mulya Business School, Bizcamp Challenge 2015

Bismillah,,
apa kabar reader? lama ya gak baca tulisan aku? kangan yaaa? hehehe wkwkw,,
kali ini aku mau share tentang seleksi beasiswa MM PMBS, so tujuannya, supaya bisa kasih gambaran aja buat adik2 aku nanti yang punya minat di bisnis dan mau dapet beasiswa sekolah bisnis, FYI, beasiswa ini nilainya bisa lebih dari 100 juta,,


Motivasi ikutan

Sebenernya saya udah kepo2 tentang bizcamp challenge dari th lalu, udah mau ikut dari th lalu, tapi saya langsung ciut melihat syarat IPK harus diatas 3,25.. sampai pada akhirnya tahun ini saya ikut roadshownya yg diadain sama titian karir ITB, ya saya ikutan aja, pengen tau,, PMBS teh kayak gimana sih,, setelah itu saya putuskan untuk ikut seleksi bizcamp challengenya,, nah biz camp challenge ini semacam kompetisi bisnis untuk memperebutkan beasiswa S2 MM di PMBS, yg kalo kita gak pake beasiswa bayarnya bisa ratusan juta.. so, okelah dicoba, toh kalau kita gak nyoba kita gak akan pernah tau hasilnya kan? jadi.. dengan modal nekat juga, dengan modal IPK yang sebenernya kurang dari 3,25 saya daftar..

Emang dulunya saya sih gak niat S2, sempet kepo2 buat S2 di Jepang, tapi sayang bidangnya harus selalu sama dengan bidang S1, HAH,, gue sih mending nikah aja daripada harus S2 di biologi lagi,, tapi kalo ada kesempatan S2 di bidang bisnis, saya gak nolak, apalagi beasiswa, buat saya itu kesempatan emas untuk bisa bales dendam positif.. apalagi setelah tau kalo tugas akhir S2 di PMBS itu ga usah bikin tesis, tapi langsung bikin project bisnisan yang melibatkan masyarakat,, seru banget tuh kayaknya!

Nah, kalo seleksi ini ternyata saya bisa dapet beasiswanya ya alhamdulillah, itu artinya saya bisa lanjutin sekolah, sambil nikah dan sambil usaha.. tapi kalo gak, ya terpaksa saya cari2 kerja di kantoran atau perusahaan yg mau nerima saya, hehe,, saya sih udah nargetin kalo kerja di perusahaan gitu paling lama 1 tahun aja, capek soalnya, terlalu monoton dan rutinitas banget, saya gak suka.

Jadi intinya sih kalo kita beneran minat mah, gausah ciut duluan sama IPK, yang saya yakini sih.. kalau emang rejeki dia gak akan kemana, tapi kita punya kewajiban untuk mencoba, karena bisa jadi itu rejeki kita, tapi karena gak nyoba akhirnya dibatalin deh rejekinya,, huhu,, jadi saran dari aku mah,, COBA AJA,, pasti panitianya punya pertimbangan lain kok daripada sekedar IPK semata, misal kayak pengalaman organisasi,, kepribadian kita, minat dan passion kita,,


Tes Psikologi dan Wawancara..

Jadi, seleksinya itu ada 3 tahap, pertama administrasi lewat online, kedua, psikotest, bahasa inggris dan wawancara.. terakhir baru deh masa karantina,,
Waktu itu aku mah ikutan lewat jalur video sama ngisi form di websitenya.. entah karena apa, tiba2 saya dapet email kalo lolos ke tahap selanjutnya, alhamdulillah aja akumah, padahal tadinya udah ga ngarep2 karena saingan saya pasti lagi2 yg IPKnya diatas 3,25.. jadi yaudah..

Saya semangat2 aja sih mau seleksi ke tahap 2nya, seleksinya itu di hotel california jalan wastukencana no 48.. saya paling seneng kalo acaranya udah di hotel, pasti makanannya banyak dan enak2,, itu kesempatan saya buat perbaikan gizi.. hehehe,,
Untuk peserta, sangat disayangkan, dari list peserta yg lolos itu ada 70an orang, tapi yg dateng itu cuman 20an,, sayaaaaang banget, tapi ya bersyukur juga artinya saingan saya berkurang,, hehe,, tapi ini saran juga buat yg lain nih ya,, kalau kita udah lolos dari suatu tahapan teh, kita bersyukur, dateng dong ke seleksi tahap selanjutnya, karena apa? karena makanan yg udah dipesen panitia tuh mubazir jadinya gak kemakan,, hehehe,,

Oke, pagi2nya seperti biasa kalo aku mau tes atau ujian gitu suka makan telor rebus pake kecap,, itu kata bokap gue sih dari gw SD, kalo lagi ulangan suka dkasih sarapan telor rebus, katanya biar ujiannya lancar, ya emang iya sih kan telor mengandung protein yang bisa membantu kita berpikir dan memberikan energi yg cukup buat kita mikir selama ujian.
Tes psikologinya biasa aja kok, ya yang kayak gitu2 lah,, pasti udah pada sering ikutan psikotes kan? sama yang deret angka PAULI itu, yang bikin mata pegel tapi seru,, hehehehe,,, terus tes bahasa inggris.. nah tadinya saya pikir tesnya itu lisan ternyata tulis, hahaha,, dan gak terlalu susah kok, seperti tes TOEFL tanpa listening aja,, hehe,,

Setelah psikotes, hasilnya langsung keluar hari itu juga,, nah, yang lolos dia langsung maju ke tahap waancara,, dari 20an peserta yg dateng, yg lolos cuman 12 orang, dan ternyata gw lolos, ya alhamdulillah aja akumah.. jadi majulah ke tahap wawancara..


WAWANCARA

Sebelum wawancara, ternyata masih ada tes tulis nih, semacam studi kasus bisnis suatu perusahaan, kita disuruh analisis tentang masalahnya dan kasih solusi kreatif dan inovatif.. abis itu diskusi,, kalo saat diskusi ini, di kelompok saya, saya mah mungkin kebanyakan diem aja, karena ada orang yg lebih dominan daripada saya, kecuali kalo yg lain juga sama2 diem, ya saya akan berusaha untuk memulai,, tapi karena saya bukan tipe orang dominan, maka saya perhatiin dan dengerin aja orang yg lebih dominan itu berbicara, paling saya cuman nambah2in dari apa yang udah dibilang sama dia.. Tapi tipsnya nih,, kalo menurut saya, jadi diri sendiri aja,, toh panitianya juga akan menilai dan tau lah, apalagi kalo panitianya itu ngerti tentang kepribadian, pasti keliatan banget kalo kita maksa-maksain jadi orang lain,, itu gak cook man! wkwkwkwk,,

Oke deh,, kalo mau tau apa aja yg ditanya, saya akan berbagi,, kebetulan waktu itu saya yg pertama kali diwawancara,, huhu,, deg2an tapi ya santai aja, pewawancaranya 2 orang..
ya biasa lah, suruh perkenalan diri, cerita tentang keluarga, cerita tentang motivasi, cerita tentang prestasi, organisasi, kegagalan yang pernah dialami dalam hidup, dll..
saat dtanya tentang kegagalan yang pernah dialami,, saya cuma jawab.. "sebenernya banyak sih, tapi kalo di masa kuliah ini saya merasa gagal karena gak lulus tepat waktu, dan saya sedih, mungkin saya juga udah ngecewain orang tua saya karena itu" terus mata gw langsung berkaca2,, tapi untung aja masih bisa nahan sampai gak meneteskan air mata,, saking lukanya itu masih beluh kering di dalam sini,, huks T_T

Oke lanjut, kemudian saya ditawarin sebuah pilihan, katanya kalau kamu nanti udah lulus dari PMBS, kemudian kamu ditempatkan di daerah terpencil selama 5 tahun, mau atau nggak?
sebenernya saya jawabnya bingung juga, kalo 5 tahun di sana, terus NIKAHNYA KAPAN? masa nunggu 5 tahun lagi? ogah,, tapi ternyata katanya,,  ya kamu kan gak harus disana setiap saat, bisa aja kamu nikah dulu, kemudian kamu bisa memantau daerah itu secara online,, jadi yang penting kamu bertanggung jawab untuk mengembangkan daerah itu selama 5 tahun.. oooooh,, ya akumah mau-mau aja, kapan lagi dapet kesempatan buat berkontribusi untuk bangsa dan umat,, tapi waktu itu saya bilang "kalau saya pribadi sih mau-mau aja, tapi ya itu harus dikomunikasikan sama keluarga dulu, sama suami aku dulu (kalo udah nikah), tapi biasanya keluarga mah mendukung aja kalo itu positif"

Gitu,, jadi tips dari akumah, jujur aja jawab apa adanya selama wawancara.. gak usah mengada-ngada, kalau emang rejeki,, Insya Allah masuk tahap selanjutnya, tapi kalau nggak, yaudah,, berarti mungkin nanti saya gak akan S2, karena orang tua gak mungkin biayain lagi, kecuali kalo dapet beasiswa,, gitu aja,, tapi akumah berprinsip, selama ada kesempatan dan COBA AJA, yang penting NYOBA,, kalo gak dicoba ya gak akan pernah tau gimana hasilnya, gimana rasanya..

Akan banyak banget pengalaman lain di luar itu yg lebih seru, misal bisa ketemu sama orang-orang yg hebat-hebat antar peserta,, you know? salah satu pesertanya ternyata adalah mantan ketua HIPMI Jabar (Himpunan Pengusaha Mahasiswa Indonesia Jabar) dan dari dia kita bisa dapat ilmu banyak,, dari peserta lain juga,, dan selama saya ikut kompetisi bisnis, alhamdulillah sih pesertanya pada soleh2,, semoga ini pertanda bahwa kelak ekonomi bangsa ini akan dipegang oleh orang-orang yang soleh dan bertanggung jawab,, aamiin,,

Kalau tahun depan ada lagi,, kamu ikutan ajaa,, gak akan nyesel kok, kalopun gak juara, toh banyak hal yg bisa kita dapet dari berbagai prosesnya,,
aku juga gak tau kali ini bisa lolos jadi finalis atau gak,, boro-boro jadi pemenang,, tapi kalo rejekinya Allah akan beri jalan, kalau nggak pasti ada jalan yg lebih baik buat saya,, itu aja, saya mah gak maksa mesti harus S2,, hehehe,,

Maaf ya kalo ga ada foto2nya soalnya saya kurang suka selfie juga, kecuali difotoin dan ga ada HPnya juga yg bisa foto2 T_T.. hehe,,

Sekian sharingnya yaaa,, semoga bermanfaat :)
See U again,, :D

1 komentar:

  1. Nama saya adalah Cynthia Johnson. kita hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, orang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, kredit konstruksi, rendah suku bunga 2% dll kredit modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk bekerja, Memulai. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...