Kamis, 16 Januari 2014

Sejejak hidupku di MATA' (Majelis Taklim Salman ITB)

Sejejak, ya mungkin hanya sedikit jejak yang kutinggalkan, tetapi tetap saja menjadi bagian dari episode hidupku.. Sedikit saja aku ingin bercerita tentang sejejak episode selama 4 tahun di Mata', meski sedikit, mudah-mudahan ada hikmah dan keseruan bagi yg membacanya :)

akan ku ceritakan bagaimana awal mulanya aku mendaftar ke unit ini, sampai akhirnya menjadi 'tetua/kokolot' di MATA', santai aja bacanya breee :D

Awal mula, saat masuk kampus, saya sudah meniatkan untuk aktif di unit2 agama, waktu itu saya hanya ingin menjaga diri dan memilih lingkungan yang bisa membuat saya terus dalam kebaikan, soalnya dlu waktu SMA juga ikut Rohis, sayang aja kalau ga lanjut,,
waktu itu ada open house unit ITB, sebagai mahasiswa baru, tentu excited banget banyak berbagai unit disediakan, tinggal daftar daftar daftar, pertama kali unit yg saya cari adalah GAMAIS, hhe, soal ini, kenapa saya mau masuk gamais juga ada cerita lain,, tapi saat ituu standnya penuh dengan ikhwan-ikhwan, banyaaak banget! yg mau daftar, yah akhirnya saya gak jadi daftar di hari pertama, saya keliling2 lagi nyari unit lain, kemudian ketemu lah saya dengan stand2 unit Salman, yap sebelumnya juga udah ada niat untuk mau aktif di Salman, tapi masih belum tau mau aktif di unit mana.. akhirnya saya liat-liat lah ke stand2 salman itu,, kebanyakan yg jaga ikhwan-ikhwan, duh saya males, malu aja kalo nanya2 ke ikhwan tu, jadi saya gak daftar unit yg penjaganya ikhwan,, hahaha,, pemalu ceritanya, gak sih cuman gak biasa aja, singkat cerita, waktu itu yang jaga stand Mata adalah akhwat-akhwat breeh lagi pada ngemil, akhirnya saya tanya2, dan daftar deeeh.. waktu itu standnya lagi sepi juga,

nah, abis tu saya ketemu teteh2, mereka ngasih flyer selebaran gitu, setelah saya baca, ooooh tentang Mata, "Ayo dek, ikut Mata' aja yuk, seru lhoo, nanti ada ini lala bla bla" pokoknya si tetehnya jelasin tentang Mata, padahal saya udah daftar, kekeke,,

singkat cerita, saya terdaftar lah jadi calon AM (Anggota Muda) Mata, setelah itu saya di SMS untuk wawancara, waktu wawancara cuman di tes baca quran sama ditanya2 sih, ttg motivasi ikut mata, ttg dakwah juga bahkan, duh saya jawab setaunya aja,, hehe, akhirnya jadilah AM Mata,, hoho, setiap minggu, tepatnya hari sabtu kami para AM ini mendapatkan pembinaan, ya! seru, setidaknya hati bisa di charge setiap minggu lewat pembinaan ini, yg dibahas banyaaaak, nambah ilmu banget sip lah pokoke,, :D

pas tahun pertama, saya di Mata cuman ikut2 pembinaan rutinnya aja tiap minggu,
berlanjut, ke tahun kedua, para AM ini ditawarin untuk jadi staff pengurusnya,, kyaaa bingung, akhirnya saya milih divisi internal, kenapa? soalnya lebih pengen tau aja sih tentang agenda2 kekeluargaan dan ukhuwah gitu, masuklah saya jadi staff internal, yey! kadiv dan korwatnya seru bree,, tapi berhubung saya masih belum tau apa-apa, jadi selama jadi staff tu rasanya duh gabut banget,, sedih,, kadang ikut rapat kadang nggak, kebanyakan karena waktunya bentrok sama kuliah/agenda lain, jadi ga bisa, dan juga karena waktu itu belum jd prioritas juga, tapi sekalinya dateng rapat saya nyimak aja, hehe,,  cuma kalo ada agenda kekeluargaan/beberes sekre aja mungkin selalu diusahakan untuk datang, meski cuman sebentar, hoho
ya itu cerita di tahun kedua, tapi Alhamdulillah tetep ada hikmah dan ilmu selama jadi staff, salah satunya meski jumlah personil sedikit, meski ada program yang belum terjalankan, yang penting kita melakukan semuanya dengan ikhlas aja,,

Lanjut, ke tahun ketiga..
Sejujurnya, saya punya niat untuk gak di Mata lagi, bukannya bosen, tapi waktu itu saya mau mencoba sesuatu yang baru, pengen aktif di kabinet, jadi staff Kewirausahaan Kabinet ITB Asik, hehe, tapiii apa daya, jalan lain menghampiri..
korwat internal saya bilang, "Haifa tahun depan rencana mau aktif dimana? di Mata lagi aja ya.. :D "
saya jawab sejujurnya aja, tapi setelah tanya-tanya, ternyataaa,, 2 teman staff akhwat 2010 yang lain sudah lebih dulu meninggalkan dan bilang gak aktif di Mata lagi,, huhu,, bingung "engg bingung teh, emangnya masa cuman aku aja teh 2010nya?", tetehnya bilang "kan nanti ada akhwat 2011 yang lain,," , "aaaah, tapi kalau jadi korwat aku gak mau teeeh, kalau cuman bantu2 jadi staff lagi mah gak apa-apa deh teh, tapi gak mau jadi korwaaat, kan teteh juga tau dlu aku waktu jadi staff kayak gimana gabutnya,," huhu..

singkat tjerita, jadilah saya korwat Internal, aaaaah sungguh sesuatu yang saya gak pikirin, saya pikir, yang bakal jadi korwat adalah salah satu dari 2 orang temen saya ituuu,, huhuuu.. bocah kayak saya ditunjuk jadi korwat, gmn jadinyaa? kenapa gak mau? huaa pastinya tanggung jawabnya berat, amanahnya luar biasa, dan saya merasa belum tau apa-apa ttg internal dan mata, karena gabut itu tadi,, hiks.. akhirnya karena saya merasa ini amanah banget, saya coba untuk prioritaskan, saya jadi gabut di kewirus kabinet,tp yaudah mungkin ini jalan yg lebih baik daripada aku aktif di kabinet.

Waktu awal-awal, saya masih belum tau, kadivnya yang mana, dulu katanya staff internal juga, tapi saya gak pernah liat dan gak kenal sama sekali semua staff ikhwan internal yg duluuu,, soalnya di rapat juga jarang liat ikhwan dateng, atau mungkin saat aku gabut dan gak selalu dateng rapat kali ya,hhe singkatnya saya nungguin instruksi dari kadivnya aja, hehe, sama sekali gak ada inisiatif yak? abisnya bingung,, belum pengalaman..
tapi kok gak ada-ada,, dan setelah saya tanya, ternyata, masih ada amanah di kepanitiaan lain, jadi mungkin masih sibuk, wah,, baru beres amanah lain udah dapet amanah baru,,

akhirnya di awal sedikit ada masalah, karena gak mulai-mulai, saya kurang inisiatif, kadivnya juga masih sibuk, saya sering cerita ke teteh korwat yang dulu, teteh ini gimana teh, gini gini gitu gitu, cerita aja semua, daripada bingung..

tapi dari sini, saya banyak belajar banget, sekaligus cukup banyak juga masalah yang saya hadapi, terlebih karena kepribasian saya yang jarang ngomong, jadi inti masalah besarnya adalah soal komunikasi.. ini bikin saya deg2an terus tiap rapat, sebagai korwat tentunya saya yang harus lebih aktif dong memberi masukan, tapi saya justru berharap staff2 saya yang lebih banyak bicara, dan saya mendorong mereka untuk bicara, huaaa,, saya emang gak terlaih untuk itu,, meski ada ide di kepala saya, tapi selalu aja ada perasaan malu dan takut, deg2an, bayangin, mau ngomong aja deg2an! ya ampun, tapi ya begitu yang saya alami dan rasakan.. mekanya jadi terkesan kurang inisiatif, gara2 gak bisa mengampaikan ide secara langsung
to be continued~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...