Selasa, 22 Mei 2012

Recommended buat orang yg merasa bodoh..

Sebelumnya, perlu diyakini bahwa tidak ada manusia yg bodoh di dunia ini.. yg ada hanya manusia malas..


kita sering merasa bodoh ketika kita tidak pernah mendapatkan peringkat 5 besar dalam kelas, iya kan?


jangan pernah menganggap bahwa peringkat rangking iitu adala segalanya,, JANGAN PERNAH.. 
karena nilai yg tinggi itu tidak akan menjamin sesorang untuk sukses ,, ataupun masuk perguruan tinggi favorit misalnya.. 
Nilai itu hanya parameter semu, karena bisa jadi saat ujian, kondisi fisik ataupun pikiran sedang tidak baik, sehingga nilai yg kita dapatkan kurang bagus.. 
saya sendiri menganggap, nilai itu gak mutlak, kembali ke diri sendiri, yg penting kita merasa sudah paham dan kita bisa menjamin bahwa ilmu yg kita pahami itu bisa lebih diamalkan.. mungkin dengan mengajarkannya kembali ataupun dengan ilmu kita bisa lebih banyak mengambil hikmah tentang kehidupan,, 
misalnya, saya belajar perkembangan hewan (maaft ya,, lagi2 perkembangan, soalnya saya cukup hectic sama kuliah ini,, ribetnya bener2,, hehe)


Dalam perkembangan, kita belajar soal proses, salah satu tahap dalam proses itu adalah diferensiasi,, setiap sel yg awalnya memiliki potensi yg sama, akan mendapatkan sinyal untuk berdiferensiasi menjadi suatu jaringan/organ tertentu, dan setiap sel akan berubah/berdiferensisi sesuai dengan sinyal yg diterima oleh masing2 sel.. namun jika sel tidak mendapatkan sinyal, dia akan mengalami apoptosis/kematian sel terprogram.. 


sel = diri kita
sinyal = motivasi/keinginan kita
diferensiasi = perubahan/tujuan kita


dari kuliah ini, kita bisa hubungkan dengan kehidupan kita, bahwa kita harus punya mimpi untuk bisa menjadi sesuatu yg berarti/hebat sesuai dgn potensi kita, kalau kita tidak punya mimpi, artinya kita telah merencanakan apoptosis kepada diri kita sendiri, sehingga jadi kurang semangat.. 
itulah kira2,, 
So,, jangan pernah khawatir dengan nilai, jangan pernah mengejar nilai, tapi kejarlah pemahaman, kalau sudah paham, nilai yg akan mengejar, tapi kalau ternyata nilai masih belum bagus, percayalah bahwa hanya kita yg tau tingkat kepahaman kita, dan hanya kita yg bisa menjamin ilmu kita bisa lebih bermanfaat.. bukan berarti orang yg nilainya bagus itu ilmunya lebih bermanfaat guys,, paham ga? hehe... 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...