Senin, 01 Februari 2016

Bekerja dengan Bahagia

Bismillah,,
Hai dear reader.. apa kabar? baik ya? Alhamdulillah,,
Saya mau sedikit cerita dan sedikit curhat.. tapi mudah2an ada manfaat yang bisa diambil yaa..

Sedikit bingung, merasa ga jelas, gelisah, resah, disaat sudah hampir 3 bulan lulus dari ITB tapi masih nganggur.. sedikit gengsi, alumni ITB kok nganggur? meski pada akhirnya saya ga terlalu peduli anggapan itu..

Sebenernya sebelum saya lulus, saya udah kerja di Bekasi, jadi pendamping petani di kementerian pertanian RI selama 2 bulan, September-Oktober 2015,, dan sejenak setelah saya lulus pada tgl 17 oktober 2015,, saya langsung dapat gaetan investor bisnis craft, hingga akhirnya ttd kontrak kerjasama pada tgl 1 Nov 2015,, karena bisnis saya ini masih start up banget dan skala mikro bahkan nano, saya terkesan nganggur, dan merasa masih harus banyak belajar,, akhirnya saya berpikir untuk tetap menjalankan bisnis craft tersebut sambil bekerja secara profesional..

Lamaran demi lamaran saya kirim lewat email, cukup lewat email, karena kalau melamar lewat job fair, buat saya itu terlalu nyusahin,, akhirnya saya kepo medsos loker di bogor dan sekitarnya,, saya apply berkali-kali gak ada yang dipanggil,, okelah, emang belum rejeki,, sampai akhirnya saya liat loker di salah satu status FB temen saya, langsung saya PM, dan akhirnya langsung ngajak wawancara, kalo ga salah hari kamis PM, sabtu ketemu, dan senin langsung kerja, Alhamdulillah,,

Tepat tanggal 4 januari 2016, di hari ulang tahun saya yang ke 22, saya dapat pekerjaan pertama saya setelah lulus,, yuhuuuuu,,, syukur alhamdulillah,, gak sampai 3 bulan saya nganggur, walaupun sebenernya saya ga nganggur juga sih,, kan bisnis2an sama temen,, heheee...



Kebanyakan seorang freshgraduate berharap gaji yang cukup besar, khususnya anak ITB, minimal UMR lah,, but, buat saya untuk pekerjaan pertama kita gak perlu muluk2.. daripada saya buang-buang waktu berbulan-bulan nungguin panggilan kerja di perusahaan besar dan akhirnya gak diterima-terima,, buat apa? lebih baik saya manfaatkan kesempatan yang ada di depan mata, dan bersyukur kepada Allah atas kesempatan itu,,,

Memang saat ini saya gak bekerja di perusahaan besar, gajinya juga ga sebesar seperti yang diharapkan kebanyakan orang, tapi setelah saya jalani kurang lebih sebulan ini, saya merasa cukup nyaman, merasa cocok dengan atasan saya, partner kerja saya, dan lingkungan kerjanya.. apalagi yang saya cari? saya percaya, gaji besar akan mengikuti dari hasil kerja dan karya kita untuk usaha yang sedang kita bantu agar lebih berkembang,, saya juga percaya kalau karir akan didapat ketika kita fokus.. buat saya, pindah2 kerja untuk cari pengalaman udah cukup, saya udah pernah tau dan ngerasain kerja di perusahaan besar (Astra) meskipun saya ga berada di dalamnya secara langsung, saya juga pernah ngerasain kerja di kementerian, meskipun cuma sebentar dan hanya di bagian-bagian tertentu,, tapi saya merasa ga senang melakukan pekerjaan sebelumnya,, bosen,, ga nyaman sama lingkungan dan partner kerja,,

Ketika saya merasa cocok dengan kerja saya sekarang, saya cukup ingin fokus dan berusaha mencintainya.. mungkin kalau saya kasih tau kerjaan saya yg sebenernya pasti reader akan komentar, alumni ITB jurusan BIOLOGI kok kerjanya kayak gitu? so?? emangnya kenapa? saya emang alumni ITB, saya emang alumni jurusan biologi,, tapi saya gak merasa pekerjaan ini ga sesuai dengan saya,, karena passion saya ga selalu sesuai dengan jurusan kuliah,,
memang banyak kok alumni ITB yg hebat2,, tapi mereka juga dulu pernah susah juga kali dan saya mencoba untuk mengikuti jalurnya,,
saya gak terlalu peduli apa kata orang, yang penting saya punya visi untuk jadi orang besar, berguna buat bangsa dan banyak orang, dan untuk mewujudkan visi itu, saya ga perlu malu memulai dari yang kecil, dari yang mungkin sama sekali gak bergengsi buat orang lain..


Jadi, cukup buat saya melakukan hal-hal yang kurang saya minati.. bisa aja saya melamar ke perusahaan lain yg lebih besar, dan diterima, lalu bekerja disana, tapi saya merasa terpaksa dan ga nyaman dengan tempat kerjanya,, lingkungannya, atasannya.. buat apa? apa sih yg saya cari? okelah gajinya lebih besar,, tapi yaaa,,, kalau saya mau sabar,, saya juga bisa dapet penghasilan besar kalau saya fokus dan sabar.. penghasilan besar juga gak harus tergantung dari gaji, skill kewirausahaan yang dulu dicari ketika masih kuliah, meski ga banyak di dapat di kelas,, itu masih bisa dimanfaatkan,,

yang ingin saya lakukan sekarang adalah,, saya ingin fokus dengan apa yang sedang saya jalani sekarang,, saya mau coba untuk mencintainya sehingga saya bisa bahagia menjalani hari-hari saya dan bisa sedikit demi sedikit menaiki tangga menuju sukses,, buat saya, kalau kita orangnya gengsian,, mending berenang aja ke laut,, hehe,, sekian..

FYI, saat ini saya bekerja di salah satu distributor Wardah kosmetik di Bogor, dan Alhamdulillah cukup banyak manfaat dan pelajaran yang saya terima, So bray,, saran saya, buat yg baru lulus, jalani kesempatan yg ada di depan mata, gausah muluk, gausah gengsi,, akan ada waktunya bagi kita utk jadi orang besar,, tp orang besar ga tiba2 langsung sukses kan? hargai proses,, disitulah kita banyak belajar.. :)

Sekian semoga bermanfaat,,




2 komentar:

  1. wah haifa.. selamat ya.. btw haifa ikut jualin wardahnya jg ga? kali aja bs lbh murah kl beli di haifa XD

    BalasHapus
  2. makasih teh,, ini teh heninggar bukan? hehe,, boleh teh,, beli lewat aku nnti kasih diskon,, klo mau liat produknya,, cek tokowardah.com ajaa,, tp nnti pesennya lewat aku klo mau diskon,, hehe,,

    BalasHapus

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...