Selasa, 21 Mei 2013

Sharing pengalaman lomba bisnis..


Bismillah, sebenernya pengalamannya belum segudang, tapi coba untuk share aja beberapa yang udah saya lewati..
PMW (Program Mahasiswa Wirausaha)

-          Dulu ikut ini mendadak banget, proposal udah jadi, tapi saya lagi di Bogor dan gak bisa ngumpulin, akhirnya saya cari ide sehingga muncul ide untuk minta tolong temen buat masukin proposalnya sekaligus nama dia masuk jadi anggota, hehe,, ini simbiosis mutualisme,, tanpa dia proposal gak masuk, dan gak bisa dapet..
-          Waktu mau ngumpulin proposal saya gak peduli itu ide bagus apa gak, yang penting saya yakin ide bisnis ini punya nilai lebih dan lebih bermanfaat kalo terealisasi, dan yang terpenting saya nyoba, yang penting nyoba! Karena kalau saya gak nyoba, saya gak akan pernah tau hasilnya kayak gimana, dan penting juga nambah pengalaman, mumpung ada kesempatan, Hajar! hehe
-          Nah, waktu presentasi, saya ditanya tentang VISI, waktu itu jawaban saya kurang memuaskan, dan dari situ saya belajar kalau kita harus punya visi jangka panjang yang jelas untuk bisnis kita, itulah sebenarnya kenapa yang namanya pengusaha itu pasti orangnya visioner, bukan hanya mikirin visi hidup dia, tapi juga visi bisnisnya.
-          Nah waktu itu saya punya target konsumen golongan menengah ke bawah, lalu ditanya, parameter kamu golongan menengah ke bawah itu kayak gimana? Nah, dari situ saya belajar kalau yg namanya nentuin target itu harus benar2 spesifik, kalo targetnya menengah ke bawah, spesifiknya gimana? Pendapatannya yang berapa rupiah per bulan?
-          Nah, kalau bisa, kalau bisnis kamu kuliner, bawa contoh makanannya saat penjurian, supaya juri bisa ngerasain langsung produknya, itu akan jadi nilai tambah, tapi waktu itu saya gak bawa, jadi saya ganti dengan gambar2 yg menggugah selera, hehe
-          Nah kalo mau ikut lomba atau masukin proposal, kita liat dulu, dana yg mau dikasih berapa? Sehingga kita bisa sesuaikan untuk anggaran dana di proposalnya, kalau misalnya dikasihnya 8 juta, sebisa mungkin bikin anggarannya lebih dari itu sedikit, supaya uang yg turun 8 juta, karena kalau kurang dari dana yg udah ditetapkan maka yang dikasih ya segitu, sesuai yg ada di proposal.
-          Nah alhamdulillah waktu itu dapet dana dari PMW, so, untuk dana itu emang cairnya lumayan lama, sabar aja, ga usah buru-buru, sambil nunggu, kita bikin action plan eksekusi bisnis kita nanti kalo dana udah turun, kita bikin persiapan aja untuk ekseskusi bisnis..
-          Untuk pelaporan, nah ini penting,,! Plis banget jangan pernah menyatukan uang pribadi dengan uang bisnis, karena itu bikin pusing, kalau bisa, siapin rekening yang berbeda, dan selalu sedia ada nota kalau akan melakukan transaksi bisnis, sehingga segala transaksi ada catatannya, untuk pelaporan yang lebih valid dan jelas..
-          Kalau untuk PMW ini kan ada tenggang waktunya, jadi,, usahakan dana yang udah kita anggarkan ini udah benar-benar terpakai untuk keperluan bisnis, karena kalau gak, uangnya akan dikembalikan lagi, so, matangkan action plan bisnisnya, biar pembelian barangnya tepat sesuai kebutuhan..

Mungkin ini share pertama ketika ikut PMW, nanti aku tulis yang versi BNI Creativepreneur, mungkin Riski Hadi bisa share yg ttg PKM dan BNI Creativepreneur juga,, :D sekian, semoga bermanfaat..
Dulu yang saya lakukan byk salahnya, ini sharing + evaluasi pengelaman saya untuk temen2 supaya lebih baik dari saya,, :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih banyak ya komennya,, :) mudah2an komennya yg membangun, dan bisa bikin saya dan tulisannya jd lebih baik,,

Hikmah Tak Ada Air

Bismillah Hari ini mulai sore tadi pompa air di rumah ga nyala. Jadinya gak bisa mandi sampai jam 10 baru nyala lagi. Gak betah banget, ge...