Jurnal Kehidupan

Berbagi hikmah, menebar kebaikan, menjadi pribadi penuh manfaat dimanapun dan kapanpun,, keep your youth spirit!

Latest Posts

Minggu, 19 Februari 2017

Unfriend





Aku tidak tahu pasti, sudah berapa lama aktif di media maya ini.. mungkin dari jaman SMA kali ya, lupa.
Aku juga gak ngitung udah berapa banyak status yang telah diposting, tapi yg pasti sudah banyak sekali..!

Tak sedikit teman yang aku add di facebook, entah itu yang kenal banget, kenal biasa, bahkan pura-pura kenal. Bergaul di dunia maya bukan hal yang mudah menurut saya, karena kita tidak bisa melihat langsung siapa orang yang sedang berinteraksi dengan kita, bagaimana orangnya  baik atau tidaknya.

Tidak sedikit teman-teman yang pura-pura kenal itu saya unfriend karena sering bersikap kurang berkenan di hati, atau menurutku kurang sopan. Entah itu SKSD, PHP, nembak bahkan ngajak nikah, menurut saya cara yg baik bukan disampaikan lewat media sosial, apalagi kita hanya kenal dari FB.

Ada juga teman yang kenal cukup dekat saya unfriend karena suatu perbedaan. Cukup banyak lah alasannya.

Jangan tanya ada beberapa list unfriend yang bahkan block! dan kebanyakan adalah laki-laki. Aku pernah baca cerita cybercrime yang seakan banyak korbannya adalah wanita  dan aku tidak ingin itu terjadi. Aku sadar, memang cukup banyak waktu yang aku habisnkan untuk bermedia sosial, untuk posting sesuatu yang kuharap masih ada sisi baiknya. Tapi tetap harus bisa menjaga.

Aku harap semoga tindakan unfriend ini bukanlah suatu hal yang disamakan dengan memutus silaturahmi, cuman mau lebih menjaga supaya hal-hal buruk tidak terjadi.

Aku mau cerita salah seorang yang mungkin sempet di unfriend, teman, tapi laki-laki.
Sulit, sangat sulit kalau sudah berinteraksi dengan lawan jenis, takut kalau ada sesuatu menyusup ke dalam hati, bukannya tidak mau berteman, tapi aku takut kalau dia dan aku belum siap menyiapkan ruang yang halal di hati. Aku tau, mungkin dia bakal sakit hati, tapi gimana dong ya? kalau setiap aku buka FB, postingan dia yang muncul? komentar dia yang ada di notif? dan inbox dari dia yang keluar.

Maaf ya friend, tidak berteman di dunia maya bukan berarti kita musuhan, kita masih kok temenan, aku juga masih menganggap semua orang yang aku unfriend itu teman. Tolong jangan sakit hati, dan tolong mengerti, bahkan tadinya aku mau unfriend semua teman laki-laki di FB, tapi setelah dipikir selama teman laki-laki itu tidak memberikan dampak terhadap hati, ya Insya Allah masih aman,, yang berbahaya adalah jika dia sudah mulai merasuk ke dalam sel-sel hati sekalipun.

Memang ada sih yang berniat baik untuk ta'aruf, tapi maaf bukan seperti itu cara yang saya harapkan, kalau memang ada niat baik, cari tau secara langsung, jangan lewat media sosial, tau sendiri kan media sosial itu gak selalu menggambarkan diri seseorang 100%. 

Tapi sudahlah, tujuan unfriend ini buat aku lebih untuk menjaga diri dan hati dari hal-hal yang bisa bikin sakit hati, iri hati, dan dengki. Memang sepertinya harus banyak zikir, istighfar juga setelah FBan, jangan sampai hanya buang-buang waktu gak jelas tanpa manfaat apapun di dalamnya, atau malah makin menambah dosa karena ngepoin orang, karena interaksi sama lawan jenis, dll.

Unfriend, bukan berarti aku sombong, bukan juga karena aku marah atau apapun yang negatif itulah. Tapi karena hati aku lemah dari godaan dan dari pembelaan argumen yang bertentangan. Biarlah setiap orang memiliki benteng pertahanannya sendiri, memiliki cara untuk melindungi dirinya sendiri.

Siapapun itu, yang pernah saya Unfriend, aku tetap temanmu, kamu tetap temanku.. Bicaralah jika memang ada yang penting untuk dibicarakan, masih ada nomer HP yg bisa kau hubungi jika memang ingin ada yang disampaikan, tapi jika itu memang benar-benar penting. Jangan hanya berbasa-basi, apa kabar dan memberikan informasi. To the point sajalah, saya suka dengan hal yang pasti-pasti, bukan berarti saya melupakan basa-basi sama sekali.

Sekian dan Terimakasi.. semoga tidak ada prasangka yang dapat membuat luka di hati.. 

Susahnya Temenan sama Cowok




Kita anggap cowok disini adalah semua orang yang berstatus kaum adam, entah itu ikhwan atau bukan.

Susahnya temenan sama cowok
Memang sih dalam bermualamah kita temanan sama siapa aja, kenal sama siapa aja, ngobrol sama siapa aja. Tapi entah buat aku temenan sama cowok itu susah, setelah dipikir-pikir kayaknya erat hubungannya dengan kepribadian. Orang pendiem gak selamanya tertutup, mereka hanya butuh waktu untuk bisa dekat dengan seseorang. Teman cewek atau cowok sama aja, kalau baru kenal, gak mugkin kan bisa cerita banyak hal?

Sering gitu merhatiin orang-orang, antara cewek dan cowok, kenapa ya kok mereka bisa akrab gitu? ketawa ketiwi, haha hihi, huhu hehe hoho, apa sih yang mereka obrolin sampe bisa kayak gitu?

Kalo lagi sama temen cowok ya aku mah ngobrol aja biasa, menjawab apa yang dia tanya, dan selama ngobrol pasti aja ada krik krik krik, semacam jeda waktu untuk memulai obrolan lagi, terus mikir kayaknya aku ngebosenin deh, apa iya ya? mungkin karena aku tipe cewek yang gak punya seribu pertanyaan atau seribu candaan ketika ngobrol sama temen cowok..

Hal yang sama juga ketika temenan sama cewek yg gak terlalu deket, tapi masih lebih parah ketika sama temen cowok.. 

Merasa bingung aja, hal penting dan menarik seperti apa ya yang bisa diobrolin. Aku jadi mikir gimana kalo nanti ngedate bareng suami? apa bakal jadi istri yang ngebosenin? OH TIDAK,,  gak berarti gitu kok, buktinya selalu ada banyak bahan candaan dan obrolan waktu sama adik laki-laki aku, yaah walaupun kadang garing sih.

Tapi untuk bercanda2 sama temen cowok atau akrab2an gitu aku mah merasa gak nyaman aja, sekalinya ada temen cowok yang mau PDKT, aku bingung mau respon apaan. Terlalu kaku sih iya, akunya, karena emang jarang banget lah, atau bahkan ga pernah akrab2an kayak yg lain gitu sama temen cowoknya. sekalipun deket juga paling chatting doang.. Itupun krik krik, walaupun dia udah memulai obrolan tapi akunya itu lhoo yg gatau mau follow upnya gimana.. haha

Gimana ya, perlu ga sih harus merubah ini? maksudnya lebih bisa melebur gitu sama temen cowok, takutnya sampe sekarang gada yg jadi itu karena gue terlalu kaku dan kurang reaktif/agresif, tapi please euy bukannya ga reaktif, apalagi agresif itu aku gabisa lah kayak gitu mah,, karena jarang sih temen cowok cuma bisa jadi temen aja, pasti ujung2nya bakal ada 'sesuatu' di dasar hati. Makanya susah temenan sama cowok..

Kalau khawatir soal jodoh karena ga punya temen deket cowok, lupain aja.
Jodoh tidak dilihat dari seberapa banyak temen cowok yang kita dekat. Bisa jadi banyak temen cowok tapi tidak ada satupun yang akan mengikat kita dalam pernikahan.. - - -

Bekerja tanpa IPK



Sebagian besar mahasiswa mungkin masih menganggap bahwa IPK adalah segalanya.
Gak berarti IPK tinggi bukan sesuatu yg bagus, tapi tetaplah bersyukur ketika IPK tidak sampai cumlaude.
Karena kalau hanya untuk bekerja, Insya Allah tetap dapat tanpa lihat IPK,
kalau untuk banggain orang tua, Insya Allah apapun hasilnya tetap diterima, yang penting lulus.

Bekerja tanpa IPK, pekerjaan terakhir aku lamar tanpa ijazah dan transkrip, modalnya hanya CV tanpa IPK, Alhamdulillah diterima, yang penting mau mencoba, dan adanya networking. Memang sih hal ini gak berlaku di perusahaan besar, dan gak berlaku untuk yang mau berkarir di perusahaan besar dalam negeri/asing.

Ada kompetensi yang didapatkan di luar ruang kuliah, dan gak masuk di nilai transkrip. Dunia kerja dan pasca kampus gak banyak bergantung sama IPK, rejeki juga gak tergantung IPK, jodoh juga gak tergantung IPK..

Bersyukurlah untuk kamu yang memiliki IPK luar biasa, tapi buat yang biasa aja, kamu patut jauh lebih bersyukur, karena semakin bagus nilaimu, semakin besar tanggung jawabmu mengamalkan ilmu.

Kalau IPK biasa aja, mungkin Allah punya jalan lain untuk kamu berhasil, ada bidang lain yang lebih kamu banget dan akan dijalanin di masa depan nanti, itulah rejeki terbaik dari Allah buat kamu.

Allah itu adil, kalau ada kurang di satu hal, pasti Allah kasih lebih di hal-hal yang lain.. Gak usah khawatir, malaikat munkar nakir juga gak akan nanya IPK kamu berapa,

Tetaplah berusaha sebisa mungkin, kuliah, buat aku, lulus aja Alhamdulillah, karena emang dari awal yang penting lulus aja, pernah bercita ingin jadi mapres, tapi ketemu sama bidang yang lebih menarik, akhirnya nyerah yang penting lulus aja. Gak selalu jadi mapres itu mulia, iya menginspirasi dalam hal dunia, tapi carilah yang menginspirasi dalam hal akhirat juga.. kalau bisa dua2nya Alhamdulillah..

Tulisan ini buat mereka yang merasa IPKnya biasa-biasa aja.. tetap semangat..! dan teruskan kuliahmu untuk lulus dengan nilai terbaik bagi kamu meski tak cumlaude.. 

Apa salah Wanita Sunda?



Baru tau dilema antara suku Jawa dan Sunda,
Ada pengalaman menarik ketika nanya sama temen orang Jawa, soal pendapatnya tentang wanita Sunda, ada yang menganggap kalau cewek sunda itu males, seneng dandan, gamau ikut suami, dll dsb.
Sampai ada orang tua yang gak suka anaknya punya calon orang Sunda, salah apa? please euy!

Menurut akumah, masih ada sebagian orang tua yang berpikiran kurang terbuka, memang menikah itu bukan hanya menyatukan 2 manusia, tapi juga 2 budaya, dan keluarga. Tapi bukankah menikah itu karena Agama? bukan suku, apalagi kalau orang tua Jawanya masih percaya sama Kejawen, ya Allah,, hari gini??? 

Apa salah cewek Sunda? cobalah lihat dari sisi lain, sebagai orang yang lahir dan besar di Jawa Barat, mungkin aku bisa disebut wanita Sunda, tapi takdir Allah yang menetapkan aku lahir di Bogor, bukan di kota lain, memangnya aku milih?

Saya jadi takut kalau ada yang deketin dan dia orang Jawa, takut orang tuanya nolak, padahal orang tua aku mah maunya punya mantu orang Jawa, katanya baik, rajin, dll, pokoknya yang baik-baik, beda sama anggapan mereka tentang cewek Sunda, kenapa bisa gitu ya? memang sih setelah dikepoin ternyata ada sejarahnya, tapi kan,, sekarang jamannya udah beda,,

Tapi kalau aku mah suku mana aja, yang penting Agama dan sikapnya baik sama kita, 
Kalau jodoh mah, dia gak akan liat suku-sukuan - - -

Engineer Sejati, Kejar Karirmu!



Ada waktu yang terus berubah
Ternyata seseorang juga berubah

Ada karir yang dia kejar
Meski terluka, aku coba sabar

Barokallah teman, sudah berada di jalur yang benar untuk mencapai kesuksesan, mencapai jabatan direktur di sebuah perusahaan besar yang kamu impikan, meski harus berjuang selama 7 tahun lamanya. Kamu memang engineer sejati, selamat berjuang untuk bisa memberikan manfaat kepada banyak orang..

Jujur, terakhir kali kontak, bahasamu tidak seperti biasa, sedikit arogan, dan tidak sebaik seperti sebelumnya, sedikit membuatku terluka, tapi yasudahlah, perjuanganmu pasti berat, sibuk, memang harus fokus, gak lagi bisa kontak sebaik dulu, jalan kita berbeda, kamu engineer dan aku bukan.. sepertinya kamu juga sudah tidak lagi ada minat wirausaha, jalan hidup menjadi engineer sudah kamu pilih, aku yakin itu yang terbaik dan sesuai dengan keinginan orang tuamu.. lanjutkan,,! lakukan semua itu untuk Allah dan kedua orang tuamu.. 

Semoga sukses, Insya Allah yang terbaik buat kamu, sang engineer..! 
Barokallahu fii kum..

Kamis, 10 Maret 2016

MASA LALU ITU DI BELAKANG, BUKAN DI DEPAN

Hai readers,, mungkin diantara mu ada pembaca setia blog ini dari jaman dahulu kala, jaman saya masih jahiliyah alias galau alias labil alias gaje, dll,, hehe,, tapi terimakasih sudah setia,,

percayalah, bahwa saya juga suka aneh baca tulisan saya sendiri di masa lalu.. tapi itulah,, tulisan seseorang bisa berubah sesuai dengan wawasan yang terus bertambah dan pengalaman yang kian banyak,, oleh karena itu,, jikalau ada diantara reader semua yang baca tulisan saya di masa lampau, dan itu aneh,, mohon dimaafkan,, karena itu masa lalu yang penuh dengan kegalauan dan masih kekanak2an,, walopun sekarang jg masih sih,, hoho tapi mohon doakan supaya bisa jadi lebih baik lagi di masa depan,, please,, mohon bimbingannya,, :D

saya juga lagi belajar untuk meninggalkan masa lalu saya dan fokus menatap masa depan yang Insya Allah semoga jauh lebih baik dari masa terdahulu kala,, karena siapa yang esok hari lebih baik, dialah yang beruntung,, aamiin,, semoga kita semua termasuk golongan orang2 yang beruntung dunia akhirat,, aamiin,, :) good night,,




Minggu, 14 Februari 2016

Buat Kamu yang Selalu Bertanya "Kak, masuk ITB susah gak sih?"

Bismillah..
Buat kamu brosis, khususnya adik2 yg masih SMA dan punya mimpi buat masuk ITB..
Akhir2 ini saya suka dapet chat dr adik2 yg gak saya kenal, dan nanya2 tentang ITB,, mereka tau nomer saya dari postingan blog saya sebelumnya tentang ITB.. padahal saya bukan brand ambassadornya ITB,, dan ga dibayar sama ITB buat promosiin ITB, meskipun ga pernah promosiin, tapi tetep weh yg minat masuk ITB buanyak bejibun (yaiyalah),, yang saya lakukan cuman share pengalaman aja rasanya berjuang untuk jadi anak ITB,, dan ternyata itu cukup berguna buat adik2 SMA yang pengen kepo tentang ITB..

kenapa saya share ? karena dulu,, jaman saya masih SMA juga, saya rasanya susah gitu ya, kepo tentang ITB dari blog anak ITB,, mungkin juga karena mahasiswa2 ITB pada jarang ngeblog,, jadinya saya suka share aja buat bantu para siswa SMA untuk tahu gambaran tentang anak ITB..

Kebanyakan dari siswa2 SMA yang ngchat saya, nanyanya begini "kak, susah gak sih masuk ITB?"
"Kak, aku minder nih, aku pengen masuk ITB tapi ga pernah rangking", "kak, yang masuk ITB tuh orang2 pilihan ya?", "kak, jurusan yang paling susah di ITB apa sih",, dll dsb.. rata2 pertanyaannya sama, seputar itu2 aja.. tapi banyak dari mereka yang bilang kalo dia minder..

So, saya mau cerita.. dulu, saya waktu SMA bukan siswa yang pinter2 banget,, masuk 10 besar aja saya gak pernah, percaya? NEM UN saya juga dulu pas2an banget,, suer dah,, ngepas buat lulus, percaya? tapi walaupun nilainya ngepas,, itu hasil dari belajar sendiri karena gak dapet contekan apapun..

Buat dapat sesuatu yang terbaik, kita emang harus keluarin usaha yang lebih, makanya susah,, tapi jangan sampai hal itu membuat kita minder,, ga perlu lah,, karena kita punya peluang yang sama, meski keberhasilannya ditentukan sama usaha kita..

Tips praktis buat kamu yg pengen berhasil tembus ITB..
1. Niatkan dari awal, bahwa hanya ITB yang kamu mau..

Kamu ga usah peduli kata orang, dulu saya pernah diremehin tuh kalau saya gak mampu,, tapi buktiin aja untuk bisa membantah sangkaan dia terhadap kita.. fokusin diri untuk mempersiapkan yang terbaik, cari informasi sebanyak2nya tentang ITB termasuk cari info tentang sistem seleksinya, apakah dia buka undangan atau hanya SBMPN, kapan waktu tesnya dll. dan bikin strategi belajar yang baik..

Kalau ada temen kamu yang ikut berbagai macam tes masuk PTN, simak UI dia ikut, ujian mandiri Unpad dia ikut, PMDK IPB dia ikut, pokoknya semua tes masuk ptn dia ikutin, kamu jangan terpengaruh! itu artinya dia gak punya tujuan kalo dia mencoba semuanya.. fokus aja buat persiapan tes masuk ITB, udah.. karena kalau kamu gak fokus, bisa jadi ga ada salah 1 pun yg kamu dapat, karena energinya terbagi2 ke banyak hal.. tapi kalo kita fokus ke 1 hal,, energi kita juga hanya untuk itu, Insya Allah bisa diraih..

2. Belajar dan Berdoa
Buat kamu yang udah masuk semester 2 kelas XII,, masih cukup banyak waktu untuk persiapan..
saya gak tau, sistem penerimaan tahun ini akan seperti apa, entah ada undangan atau gak, atau hanya SBMPTN aja, kalau memang ada sistem undangan, dan ternyata nilai rapot kamu kurang, gausah sedih,, masih ada 1 semester lagi kan? buat bagusin nilai rapornya,,

dan kalau ternyata seleksinya cuma lewat SBMPTN,, maka itu bagus! artinya semua orang punya kesempatan yang sama, tanpa harus liat nilai raport dan NEM.. sama kayak jaman saya dulu waktu tahun 2010.. berdoa aja supaya seleksinya bisa seperti itu lagi,, hehe..

Cara belajar yang efektif menurut saya, dan itu saya lakukan dulu menjelang SNMPTN tulis..
dulu saya gak ikut bimbel sama sekali, ya paling ikut bimbel wajib dari sekolah aja.. tapi waktu itu saya hubungi sodara2, temen2, tetangga2 yang udah pada lulus SMA, dan ikut bimbel di luar,, saya mintain semua buku2 SMAnya, termasuk buku2 bimbelnya,, dan catetannya kalo perlu..

Abis itu saya kumpulin di meja, dan saya baca satu2 dari awal sampe akhir,, habisin deh semuanya..
apa manfaatnya? kita jadi sering mengulang2 teori dan latihan soal2nya,, jadi banyak tau tipe2 soal dan tau trik2nya,, karena pada dasarnya buku2 itu isinya sama, cuman beda cover sama penulisannya aja,, setiap ada soal yg belum diisi, kerjain, bahkan contoh soal juga dikerjain,, tapi jawabannya ditutup dulu,, setelah itu baru deh dicocokin sama hasil jawaban kita, kalau ternyata hasilnya sama, itu bahagia banget, artinya gue bisa! coba lagi dan coba lagi,, kalau ternyata salah, cari tau salahnya dimana,, dan coba lagi di soal berikutnya yang tipenya sejenis..

Buat jeda selama kamu belajar, misal setiap 1 jam, istirahat 5-10 menit, entah itu buat makan, nonton, mandi, dll, ini harus kongkret dilakukan biar kita gak penat belajar terus2an..
Lakukan hal itu setiap hari, belajar setiap hari, kalau lagi libur sekolah, jangan main2 dulu,, nanti mainnya kalo kamu udah berhasil tembus ITB,, buat refresehing,, atau ketika sudah lewat waktu tes SBMPTN..

Berdoa setiap hari setiap habis solat, entah itu solat wajib atau sunnah,, berdoanya yang yakin aja, gausah pake rasa minder, percaya kalau ITB itu sudah ditakdirkan buat kita pasti kita dapat, sesuatu yg udah ditakdirkan untuk kita, ga akan ada yg bisa menghalangi atau menggantikannya..

Apa yang saya tulis disini bukan klise, ini kongkret dari pengalaman saya pribadi, semua orang punya kesempatan yang sama kok, tinggal kitanya aja yang mau berusaha lebih atau nggak, karena yang berhasil pasti usahanya yang terbaik juga, kalo udah melakukan tips di atas, jangan lupa untuk tawakkal, kalo ternyata kita belum berhasil, bukan berarti kita gagal, tapi percayalah kalau hasil yang kita dapat pasti sesuai sama usaha dan doa yang udah kita lakukan,, usaha dan doa adalah pasangan yang gak bisa dipisahkan,, jadi, lakukan kedua2nya secara beriringan,,

sipdeh,, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat buat kamu yang punya cita2 masuk ITB, semoga berhasil, dan lebih berhasil dari saya,, aamiin,, :D


sumber gambar : https://twitter.com/akumasukitb/status/437428014771478528

Popular Posts

Blogger templates